Gufron (2024) Nilai-nilai religius lagu “Mars pusat Ma’had al-Jâmi’ah” dan “Senandung Ma’had Sunan Ampel al-‘Ali”: Analisis semiotik riffaterre (sertifikat hak cipta). EC002024202579.
Text
PUBLISH HAKI mars 2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap makna mendalam dari tanda-tanda bahasa dalam lirik lagu“Mars Pusat Ma'had al-Jâmi'ah dan“Senandung Ma’had Sunan Ampel Al-‘Ali melalui pendekatan analisis semiotik Michael Riffaterre, dengan pembacaan heuristik dan hermeneutik. Fokus utama penelitian ini adalah nilai-nilai religius yang terkandung dalam kedua lagu tersebut. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data baca dan catat, serta analisis data yang mengikuti model Miles, Huberman, dan Saldana (2014), mencakup tahap pengumpulan, kondensasi, penyajian, dan verifikasi data. Penelitian ini juga menyertakan analisis tanggapan mahasantri Pusat Ma'had al- Jâmi'ah tahun akademik 2023/2024 terhadap nilai-nilai religius melalui penyebaran angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembacaan heuristik terhadap "Mars Pusat Ma'had al-Jâmi'ah" menyoroti misi Pusat Ma'had Sunan Ampel al-‘Ali dalam membentuk generasi Qur’âni yang berkontribusi bagi bangsa; (2) Pembacaan hermeneutik menggarisbawahi peran Pusat Ma'had dalam meningkatkan kemampuan baca-tulis al-Qur'an guna membentuk generasi Qur’âni yang intelektual dan profesional; (3) Ikon dan simbol dalam lagu ini meliputi generasi Qur’ani, kreativitas, dan syi’ar Islam yang mencerminkan integrasi aspek intelektual dan spiritual dalam pendidikan; (4) Matriks dan model lirik mencerminkan visi Pusat Ma'had untuk menciptakan generasi Qur’âni dan mewujudkan syi’ar Islam; (5) Hubungan intertekstual dalam lirik lagu menunjukkan keterkaitannya dengan visi pendidikan Islam, yang menekankan integrasi aspek akademis, spiritual, dan pembentukan karakter sesuai dengan ajaran Islam. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kedua lagu mencerminkan tiga aspek utama dalam pendidikan Islam: pembentukan karakter Islami, komitmen terhadap nilai-nilai Qur’âni, dan pendekatan pendidikan holistik.
Item Type: | Hak Cipta |
---|---|
Keywords: | analisis semiotik, Michael Riffaterre, Mars Pusat Ma’had al- Jâmi’ah, Senandung Ma’had Sunan Ampel Al-‘Ali, nilai religius |
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2005 Literary Studies |
Divisions: | Faculty of Humanities > Department of Arabic Language and Letters |
Depositing User: | Siti Fatimah |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 09:04 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |