Nurhayati, Hani, Holle, Khadijah Fahmi Hayati ORCID: https://orcid.org/0000-0002-6991-1748, Sari, Nur Fitriyah Ayu Tunjung and Masluchah, Dewi Media pembelajaran adaptif untuk mapel biologi bagi siswa madrasah berbasis virtual reality. Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. (Unpublished)
Text
22029.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Salah satu inovasi media pembelajaran adalah Virtual Reality (VR), yang menawarkan pengalaman belajar mendalam untuk materi kompleks, seperti sistem tubuh manusia dalam biologi. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran biologi berbasis VR yang dirancang untuk mendukung pembelajaran siswa SMP kelas 8 pada materi sistem tubuh manusia khususnya pencernaan, sistem pernapasan, dan sistem pembuluh darah. Media pembelajaran ini mengadopsi konsep pembelajaran adaptif dengan menyesuaikan konten dan aktivitas pendidikan sesuai kebutuhan individu, didukung dengan implementasi algoritma TOPSIS (Technique for Order of Preference by Similarity to Ideal Solution) untuk memberikan rekomendasi materi belajar yang optimal bagi setiap siswa. Kegiatan pre-test disertakan untuk mengidentifikasi kemampuan awal siswa, dan hasilnya digunakan sebagai input pada algoritma TOPSIS untuk menentukan urutan materi yang paling sesuai dengan kebutuhan belajar siswa.
Lingkungan virtual dibangun menyerupai laboratorium biologi dengan tiga ruang khusus untuk setiap materi. Media pembelajaran ini diuji pada tiga aspek utama: algoritma TOPSIS, usability, dan ahli materi. Pengujian pada algoritma TOPSIS dilakukan menggunakan perhitungan confusion matrix, hasil menunjukkan akurasi rata-rata algoritma TOPSIS mencapai 92%, yang membuktikan bahwa media ini sangat efektif dan andal dalam merekomendasikan materi belajar sesuai kebutuhan pemain. Sedangkan pada pengujian usability menunjukkan performa baik pada aspek learnability (95%), efficiency, memorability, satisfaction, dan minimnya error. Terakhir, pengujian oleh dua ahli materi biologi menghasilkan skor rata-rata 91%, yang termasuk kategori excellent, menegaskan kesesuaian materi dan metode pembelajaran yang digunakan dengan standar yang diharapkan. Sebagai langkah pengembangan, disarankan untuk menambahkan fitur post-test atau bentuk asesmen lain setelah pembelajaran untuk mengevaluasi sejauh mana pemahaman siswa meningkat secara signifikan.
Item Type: | Research (Research Report) |
---|---|
Keywords: | media pembelajaran adaptif, Virtual Reality (VR), TOPSIS, biologi |
Subjects: | 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0801 Artificial Intelligence and Image Processing > 080111 Virtual Reality and Related Simulation 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0803 Computer Software > 080305 Multimedia Programming 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Faculty of Technology > Department of Informatics Engineering |
Depositing User: | Nur Fitriyah Ayu Tunjung Sari |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 11:16 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |