EC00202414138 (2024) Efisiensi Strategi Pembelajaran Matematika Berbasis Skafolding Metakognitif. EC00202414138.
Text
Sertifikat_HKI_EC00202414138.pdf Download (2MB) |
Abstract
Berkenaan dengan permasalahan pembelajaran, terdapat persoalan tentang strategi pemahaman peserta didik. Terdapat inovasi dalam pembelajaran matematika sehingga peserta didik merasa senang untuk belajar matematika.
Masing-masing pendekatan dalam menyelesaikan permasalahan terdiri dari empat aspek, yaitu pemahaman terhadap masalah, perencanaan penyelesaian masalah, pelaksanaan penyelesaiannya dan pengecekan kembali apa-apa yang telah diselesaikan. Keempat aspek tersebut merupakan bagian dari kesadaran metakognitif, suatu proses dan strategi pemantauan terhadap pengetahuan seseorang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas peserta didik memahami dengan baik permasalahan yang hendak dicari penyelesaiannya. Namun terdapat satu aspek yang mayoritas peserta didik menunjukkan adanya kelemahan ketika melaksanakan penyelesaian soal-soal.
Penelitian ini memaparkan bagaimana pelaksanaan skafolding khususnya skafolding metakognitif yang dilaksanakan oleh guru yang cocok untuk digunakan menyelesaiakan masalah.yang menyenangkan. Disamping terkait dengan penyelesaian masalah buku ini juga menguraikan tentang beban pikiran yang diperlukan dalam penyelesaian masalah. Semakin sedikit beban pikiran yang digunakan untuk menyelesaikan masalah dengan prestasi yang lebih baik, dikatakan keadaan pengajarannya lebih efisien.
Item Type: | Hak Cipta |
---|---|
Keywords: | Efisiensi pembelajaran matemnatika, skafolding metakognitif |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Faculty of Mathematics and Sciences > Department of Mathematics |
Depositing User: | Turmudi Turmudi |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 10:40 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |