Nur Toifah, Toifah and , (2024) KAJIAN AFIRMATIF PADA INTELLIGENCE AND EMOTIONAL QUOTIENT MAHASISWA DAN PENGARUHNYA TERHADAP PEMBELAJARAN NAHWu. Research Report. LP2M, BATU. (Unpublished)
Text
OK-LAPORAN PENELITIAN 2024-IQ DAN EQ DALAM PEMBELAJARAN NAHWU.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat Intelligence Quotient dan tingkat
Emotional Quotient mahasiswa pada proses pembelajaran nahwu, serta mengetahui penguasaan
nahwu mereka di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Penelitian ini juga menganalisis
pengaruh IQ dan EQ mahasiswa terhadap penguasaan materi nahwu di universitas tersebut.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kombinasi pendekatan kuantitatif
yang bermaksud mengukur tingkat Intelligence dan Emotional Quotient mahasiswa terhadap
penguasaan materi Nahwu. Sementara jenis penelitian yang digunakan adalah studi korelasional
yang menghubungkan pengaruh tingkat Intelligence and Emotional Quotient mahasiswa dalam
penguasaan materi Nahwu. Data dalam penelitian ini adalah hasil tes pada Intelligence dan
Emotional Quotient mahasiswa pada pembelajaran Nahwu dan hasil tes pembelajaran Nahwu
yang berkaitan dengan penguasaan konsep dan praktiknya dalam penggunaan kaidah. Sumber
datanya adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab dan mahasiswa Program
Studi Humaniora. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, tes, dan interview.
Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik rumus t test melalui skema One Sample
Tes model Kolmogorov-Smirnov menggunakan SPSS untuk uji normalitas dan uji koefensi
melalui model ANOVA untuk mengukur tingkat pengaruh kedua variabel Intelligence Quotient
dan Emotional Quotient terhadap variabel penguasaan nahwu.
Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Tingkat Intelligence Quotient
mahasiswa pada proses pembelajaran nahwu di UIN Maulana Malik Ibrahim adalah baik dengan
rata-rata 75,31, yang mana mahasiswa dapat menyerap materi nahwu dengan baik dan
berkembang sesuai dengan potensi yang optimal. 2) Tingkat Emotional Quotient mahasiswa
pada proses pembelajaran nahwu di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang adalah baik dengan
rata-rata 70,84 yang mana mahasiswa dapat mengelola emosi pada saat penyajian materi nahwu
dengan baik serta dapat berkembangan potensi belajar secara optimal. 3) Tingkat penguasaan
nahwu mahasiswa di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang adalah didominasi oleh mahasiswa
yang memiliki penguasaan sedang. Penguasaan materi nahwu mahasiswa menunjukkan bahwa
5% mahasiswa memiliki tingkat penguasaan materi nahwu sangat baik dan cakap dalam
memahami materi nahwu serta menerapkannya dalam membaca teks Arab, 29% mahasiswa
memiliki tingkat penguasaan materi nahwu baik dan cakap dalam memahami dan
menerapkannya dalam membaca teks Arab, 47% mahasiswa memiliki tingkat penguasaan
materi nahwu sedang dan memahami materi cukup namun kurang mendalam dan kurang dapat
menerapkannya dalam membaca teks dengan baik, dan 19% mahasiswa memiliki tingkat
penguasaan materi nahwu rendah, sangat lemah dalam memahami materi nahwu terlebih
menerapkannya dalam membaca teks Arab dan keterampilan menulis.
Item Type: | Research (Research Report) |
---|---|
Keywords: | Nahwu, Pembelajaran, Emotional Quotient, Intelligence Quotient |
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Arabic Language Education |
Depositing User: | Nur Toifah |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 13:37 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |