Aziz, Abdul ORCID: https://orcid.org/0000-0002-8838-7259, Prasetiyo, Agung, Ridwan, A. Muhtadi, Hasanuddin, Hasanuddin and Binti Abd Khafidz, Hasanah
(2024)
Fenomena penggunaan Bahasa Arab Fusha di kalangan masyarakat Yordania.
Research Report.
LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
(Unpublished)
![]() |
Text
Laporan Akhir Riset Yordania.pdf Restricted to Repository staff only Download (824kB) |
Abstract
Yordania adalah salah satu negara Arab yang konsisten menjadikan bahasa Arab sebagai identitas bahasanya, di tengah tantangan globalisasi dunia. Konsistensi itu ditunjukkan dengan perhatian yang besar dari masyarakatnya termasuk pemerintahannya. Dalam kurang dari satu dekade pemerintah telah menerbitkan undang-undang yang mengatur penggunaan bahasa Arab fusha dalam kehidupan masyarakat Yordania. Dengan pendekatan kualitatif, tulisan ini berusaha mengungkap berbagai fenomena terkait penggunaan bahasa Arab Fusha di kalangan masyarakat Yordania.
Penelitian ini menghasilkan: (1) Pembelajaran Bahasa Arab Fusha di Yordania memainkan peran penting dalam mempertahankan identitas bahasa dan budaya nasional, meskipun selalu menghadapi tantangan besar akibat pengaruh globalisasi dan dominasi bahasa asing, terutama Bahasa Inggris. Lembaga-lembaga pendidikan, baik formal maupun non-formal, berperan penting dalam memperkenalkan dan mengajarkan Bahasa Arab Fusha; (2) Perhatian masyarakat Yordania terhadap penggunaan bahasa Arab fusha tergambar dalam bahasa-bahasa di sarana-sarana fisik dan media sosial. Meskipun dalam kehidupan sehari-hari banyak masyarakat, terutama generasi muda, yang lebih memilih menggunakan dialek lokal (lahjah amiyah) atau Bahasa Inggris, tetapi secara umum penggunaan bahasa Arab fusha di kalangan masyarakat Yordan masih lebih dominan daripada penggunaan bahasa Arab dialek lokal (amiyah); (3) Pembelajaran Bahasa Arab Fusha di Yordania dihadapkan pada sejumlah kendala yang berasal dari faktor sosial, budaya, psikologis, dan lingkungan. Stigma sosial yang menganggap Bahasa Arab Fusha sebagai bahasa yang kuno dan hanya relevan dalam konteks formal, serta perbedaan dialek lokal yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, membuat banyak generasi muda merasa bahasa ini kurang praktis dan sulit untuk diterapkan dalam interaksi sosial. Selain itu, faktor psikologis seperti kecemasan berbicara dalam Bahasa Arab Fusha dan rendahnya motivasi siswa untuk mempelajarinya, terutama dengan adanya preferensi terhadap bahasa asing seperti Bahasa Inggris, turut menghambat proses pembelajaran. Kurangnya kesempatan untuk berlatih dalam lingkungan yang sepenuhnya menggunakan Bahasa Arab Fusha juga menjadi tantangan besar, sehingga siswa kesulitan dalam menguasai keterampilan berbicara dan mendengarkan bahasa ini dengan percaya diri.
Item Type: | Research (Research Report) |
---|---|
Keywords: | fenomena penggunaan bahasa; bahasa arab fusha; bahasa arab lokal, masyarakat yordania |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified |
Divisions: | Graduate Schools > Doctoral Programme > Graduate School of Arabic Language Education |
Depositing User: | Abdul Aziz |
Date Deposited: | 10 Dec 2024 14:59 |
Downloads
Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)
![]() |
View Item |