Yaqien, Nurul (2024) Pengelolaan mutu lembaga melalui peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan pada Madrasah Aliyah Ibadurrochman Karangbesuki Kota Malang. Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. (Unpublished)
![]() |
Text
22225.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Untuk menjadikan mutu madarasah lebih baik, membutuhkan keahlian seorang kepala madrasah atau penyelenggara pendidikan dalam bidang manajemen. Keahlian dan kemampuan seseorang kepala madarasah dalam bidang manajemen akan memberikan peluang besar kepada madarash untuk dapat mencetak mutu madarasah yang berdaya saing global. Diantara keahlian kepala madrasah yaitu mampu melayani dan meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan. Peningkatan ini akan sangat berdampak pada kualitas/mutu pembelajaran. Semakin berkompeten pendidik dan tenaga kependidikan maka akan semakin baik mutu lembaganya.
Fokus penelitian ini adalah: Pertama, Bagaimana Konsep Pengelolaan Mutu Lembaga Pendidikan di MA Ibadurrochman Karangbesuki Kota Malang. Kedua, Bagaimana Pengelolaan Mutu Melalui Peningkatkan Kompetensi Pendidik Dan Tenaga Kependidikan di MA Ibadurrochman Karangbesuki Kota Malang. Ketiga, Bagaimana Hasil Pengelolaan Mutu Melalui Peningkatan Kompetensi Pendidik Dan Tenaga Kependidikan di MA Ibadurrochman Karangbesuki Kota Malang. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1. Untuk menganalisis konsep pengelolaan mutu pendidikan 2. Untuk menganalisis pengelolaan mutu melalui peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan di MA Ibadurrochman Karangbesuki Kota Malang. 3. Untuk menganalisis hasil pengelolaan mutu melalui peningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan di MA Ibadurrochman Karangbesuki Kota Malang
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif serta menggunakan desain penelitian lapangan, untuk mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif tentang fenomena yang ditelitim peneliti menggunakan tiga metode wawancara, observasi dan dokumen untuk menguatkan data yang diperoleh. Pengumpulan dan analisis data kuantitatif dan kualitatif secara bersamaan untuk mengeksplorasi, mengkonfirmasi, dan memperkaya temuan sehingga menghasilkan kesimpulan yang lebih valid dan mendalam. Sedangkan untuk mengecek validasi data maka peneliti menggunakan triangulasi metode dan triangalasi sumber.
Adapun hasil penelitian ini terkait konsep mutu lembaga: 1). Memberikan titik fokus kepada pelayanan terhadap peserta didik, 2).Terpenuhinya standar mutu lulusan, 3). Kepemimpinan yang visioner 4). Perbaikan yang berkelanjutan 5). Membentuk lingkungan belajar yang kondusif. Terkait pengelolaan mutu, 1). Mengadakan bimtek, 2). Mengupdate komitmen pada lembaga, 3). Penerapan reward dan punishment, 4). Memberikan gaji yang sesuai, Terkait Hasilnya, 1). Pelayanan pembelajaran di madrasah semakain baik, 2). Administrasi berjalan dengan baik, 3). Pendidik dan tenaga kependidikan dapat mengembangkan keahlian masing masing, 4). Memperoleh kemudahan dalam penerapan konsep dan menemukan solusi dari berbagai permasalahan.
Item Type: | Research (Research Report) |
---|---|
Keywords: | Pengelolaan Mutu, Peningkatan, Kompetensi Pendidik, Tenaga Kependidikan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education Management |
Depositing User: | Nurul Yaqien |
Date Deposited: | 09 Dec 2024 11:23 |
Downloads
Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)
![]() |
View Item |