Miftahusyai’an, Mohammad ORCID: https://orcid.org/0000-0001-7727-3400, Munir, Misbah, Fahruddin, M. Mukhlis and Sanihah, Mutia
(2024)
Pengembangan keprofesian berkelanjutan melalui pelatihan pembuatan modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bagi guru MI Kabupaten Madiun.
Research Report.
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
![]() |
Text
Laporan Penelitian 2024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) menjadi elemen penting dalam meningkatkan kompetensi guru guna mendukung kualitas pendidikan yang berdaya saing. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pelatihan pembuatan modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bagi guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kabupaten Madiun. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation).
Pelatihan ini dirancang untuk memperkuat pemahaman guru tentang konsep P5 sekaligus memberikan keterampilan praktis dalam menyusun modul berbasis projek yang relevan dengan karakteristik siswa MI. Subjek penelitian adalah 30 guru MI di Kabupaten Madiun yang dipilih secara purposive sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, wawancara, dan uji validasi produk.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan ini efektif meningkatkan kompetensi guru, baik dalam aspek konseptual maupun praktis. Modul yang dihasilkan oleh peserta pelatihan memiliki tingkat validitas tinggi berdasarkan penilaian pakar, dengan skor rata-rata 85%. Selain itu, hasil uji coba di lapangan menunjukkan bahwa modul tersebut mampu meningkatkan motivasi belajar siswa, membangun karakter sesuai nilai-nilai Pancasila, serta relevan dengan kurikulum merdeka.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa pelatihan pembuatan modul P5 dapat menjadi strategi yang efektif dalam mendukung PKB guru MI. Rekomendasi penelitian mencakup pengembangan program serupa untuk lingkup pendidikan yang lebih luas serta peningkatan keterlibatan pemangku kepentingan dalam implementasi P5 di sekolah.
Item Type: | Research (Research Report) |
---|---|
Keywords: | pengembangan keprofesian berkelanjutan; modul P5; guru MI; Profil Pelajar Pancasila. |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education |
Depositing User: | misbah munir |
Date Deposited: | 10 Dec 2024 15:23 |
Downloads
Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)
![]() |
View Item |