Analisis Diagnostik Kesulitan Belajar Maharah al-Kitabah Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Angkatan 2015 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Rosyidah, Ainun and Basid, Abdul (2017) Analisis Diagnostik Kesulitan Belajar Maharah al-Kitabah Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Angkatan 2015 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. In: Prosiding Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa I Tahun 2017. UM Press, Malang, pp. 89-108. ISBN 2598 - 0637 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text (full text)
2245.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (286kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai gejala-gejala yang nampak serta faktor-faktor penyebab kesulitan belajar yang tengah dialami oleh mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab angkatan 2015 dalam Maharah al-Kitabah (Keterampilan Menulis), khususnya dalam penulisan karya ilmiah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan pemerolehan data melalui kuesioner (angket) dan wawancara. Kemudian peneliti menggunakan teknik Trianggulasi sumber sebagai validasi data. Adapun peneliti menganalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah a) gejala yang nampak dari mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab angkatan 2015 berupa penurunan nilai Maharah al-Kitabah dengan prosentase jumlah mahasiswa mencapai 63,3%, kurangnya penguasaan materi dengan prosentase mencapai 50% (Ilmu al-Nahwi), 56,9% (mufradat). b) faktor penyebab kesulitan belajar adalah kurangnya latihan serta management waktu.

Item Type: Book Section
Keywords: Analisis Diagnostik; Kesulitan Belajar; Maharah al-Kitabah; Mahasiswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021404 Maharat al-Kitabah (Writing Skill)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation)
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Arabic Language and Letters
Depositing User: Abdul Basid
Date Deposited: 30 Dec 2017 16:04

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item