Responsive Banner

Access success model dan potensi pengembangannya

Putra, Yuniarti Hidayah Suyoso ORCID: https://orcid.org/0000-0002-5070-6138, Abdani, Fadlil and Istiqomah, Dyah Febriantina (2024) Access success model dan potensi pengembangannya. Research Report. LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim, MALANG. (Submitted)

[img] Text
Laporan Penelitian SBM 2024 Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Learning Management Sistem (LMS) menjadi salah satu contoh penggunaan
Information and Communication Technologies (ICT) pada dunia Pendidikan. LMS pada
perguruan tinggi berfungsi untuk mengatur pelaksanaan pembelajaran dimulai dari
proses hingga penilaian sehingga dapat meningkatkan mutu layanan yang diberikan oleh
perguruan tinggi. Kebutuhan terhadap LMS disadari penuh oleh Prodi Akuntansi
Fakultas Ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Terbatasnya sumber daya
manusia serta semakin kompleksnya pekerjaan administrasi yang harus dilakukan untuk
memperlancar proses pembelajaran, menjadi alasan dibutuhkannya dengan segera LMS
untuk mengatasi permasalahan tersebut.
ACCESS merupakan LMS yang digagas oleh prodi-prodi yang terdapat di
Fakultas Ekonomi, khususnya Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi UIN Maulana Malik
Ibrahim Malang, yang dimanfaatkan untuk memperlancar proses administrasi
pembelajaran di prodi. ACCESS sudah digunakan sejak tahun 2022 untuk mengatasi
keterbatasan administrasi yang terjadi. Penggunaan ACCESS diharapkan dapat
meningkatkan kualitas layanan prodi kepada civitas akademika sehingga menjadikan
nilai tambah bagi prodi. Oleh karena itu, pengukuran terkait pemanfaatan ACCESS
perlu dilakukan untuk mengetahui kesuksesan ACCESS dalam mengatasi permasalahan
yang terjadi serta untuk pengembangan ACCESS secara berkelanjutan.
Penelitian ini dilakukan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi
keberhasilan penggunaan ACCESS, mengevaluasi penggunaan ACCESS, serta
menemukan peluang pengembangan sistem yang mungkin terjadi dari sudut pandang
penggunanya dengan menggunakan pendekatan IS Success Model DeLone dan
McLean. Hasil pengujian nantinya dapat digunakan untuk pengembangan keberlanjutan
ACCESS agar lebih tepat sasaran dan bermanfaat bagi pengembangan prodi.
Penelitian dilakukan dengan dua pendekatan, yaitu pendekatan kuantitatif dan
pendekatan kualitatif. Pendekatan kuantitatif dilakukan melalui pengujian Outer Model
dan Inner Model menggunakan software statistik SmartPLS 3 untuk menguji faktor
yang mempengaruhi keberhasilan penggunaan ACCESS. Pendekatan kualitatif
dilakukan dengan menggunakan model Miles & Huberman yang meliputi empat
tahapan, yaitu Data collection, Data reduction, Data display, dan Conclusion yang
digunakan untuk mengevaluasi penggunaan ACCESS serta menemukan peluang
pengembangan sistem.
Berdasarkan hasil pengujian kuantitatif, diperoleh bukti bahwa Information
Quality dan Service Quality yang disediakan oleh sistem ACCESS mampu
mempengaruhi Use dan User Satisfaction, namun tidak halnya dengan Sistem Quality
yang belum mampu mempengaruhi Use dan User Satisfaction. Hal ini bisa terjadi
karena sebanyak 24% responden masih kurang puas terhadap kualitas sistem yang
disajikan ditunjukkan dengan seringnya sistem tersebut eror, down, dan lambat. Namun,
jika dilihat dari Net Benefit keseluruhan yang diperoleh, terdapat manfaat positif yang
dirasakan oleh responden dengan adanya sistem ACCESS, terbukti dari adanya
pengaruh positif variabel Use dan User Satisfaction terhadap Net Benefit. Ketika
pengguna merasa puas dengan sistem informasi yang mereka gunakan, maka mereka
juga akan merasakan manfaat bersih atas penggunaan sistem ACCESS.
Berdasarkan pengujian kualitatif yang diperoleh dari hasil wawancara, terkait
kualitas sistem, ACCESS memiliki kemampuan untuk beradaptasi terhadap penyelesaian kebutuhan layanan pembelajaran bagi sivitas akademik Fakultas Ekonomi
dan khususnya bagi peningkatan kualitas layanan di Prodi Akuntansi. Response time
yang cepat dari sistem memudahkan administrasi bagi prodi maupun mahasiswa
berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan pembelajaran. Namun demikian, perbaikan
berkelanjutan tetap dibutuhkan karena sistem ACCESS ini domain dan servernya
mengikuti universitas sehingga apabila terjadi gangguan akses terhadap server atau
domain universitas maka aksesibilitas terhadap sistem ACCESS akan terganggu.
Berkaitan dengan kualitas informasi, hasil interview menunjukkan bahwa informasi
yang diberikan oleh sistem ACCESS bisa diandalkan dan tepat waktu karena basis
datanya real time. Akan tetapi perlu perbaikan kedepannya terkait dengan kompleksitas
kebutuhan informasi akan perkembangan progress mahasiswa antara lain kebutuhan
data statistik terkait masa studi, rata-rata IPK, jumlah mahasiswa dan lain-lain.
Berkaitan dengan kualitas layanan, keberadaan layanan dari sistem ACCESS ini
memberikan privilege bagi Fakultas Ekonomi dan prodi dalam melakukan inovasi
layanan dibidang akademik. Keberadaan layanan via teknologi ini mampu mengurangi
waktu tunggu serta dapat diakses dimana saja. Namun perbaikan berkelanjutan tetap
harus dilaksanakan, misal berkaitan dengan notifikasi maintenance dan notifikasi
progress pengajuan. Hasil interview juga menunjukkan perlunya penambahan jenis-
jenis layanan persuratan, tidak hanya layanan persuratan untuk praktek kerja lapang saja
tetapi juga untuk layanan lain.
Berdasarkan hasil kuesioner dan wawancara, diperoleh saran pengembangan
untuk sistem ACCESS yang nantinya dapat dijadikan potensi untuk pengembangan
ACCESS ke depannya. Responden menginginkan (1) adanya penambahan fitur baru,
seperti (a) fitur notifikasi yang akan meningkatkan kualitas layanan dokumentasi dan
response time, (b) fitur legalisir ijazah secara online, (c) fitur data statistik masa studi,
rata-rata IPK dan jumlah mahasiswa yang memudahkan prodi atau fakultas dalam
memantau perkembangan mahasiswa, (d) fitur pengajuan magang tidak terstruktur,
surat rekomendasi studi, lomba, atau kompetisi yang terpisah dari layanan PKL; (2)
adanya maintenance berkala sehingga kondisi sistem yang eror, down, atau lambat bisa
diminimalisir; (3) adanya penambahan panduan penggunaan sistem sehingga
kebingungan dalam menggunakan fitur-fitur sistem dapat diminimalisir; (4)
terintegrasinya sistem ACCESS dengan sistem layanan akademik yang ada di
universitas (SIAKAD) maupun layanan lain; (5) adanya perbaikan fitur layanan PKL
(Praktek Kerja Lapang) sehingga dapat membantu proses layanan terhadap mahasiswa.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Access, System, Software
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150111 Accounting System (incl. Accounting Information System)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150116 Educational Accounting
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting
Depositing User: Fadlil Abdani
Date Deposited: 11 Dec 2024 09:06

Downloads

Downloads per month over past year

Loading...

Origin of downloads

Loading...

Actions (login required)

View Item View Item