Responsive Banner

Strategi memori leksikal dalam pembelajaran BIPA pemula di Hanoi, Vietnam

Pitaloka, Hersila Astari Strategi memori leksikal dalam pembelajaran BIPA pemula di Hanoi, Vietnam. Research Report. Repository UIN Malang. (Unpublished)

[img] Text
ilovepdf_merged-19.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)

Abstract

Pembelajaran BIPA di KBRI Hanoi menyelenggarakan program BIPA secara luring kembali pada tahun 2024 ini. Pembelajaran berlangsung selama dua bulan, yakni Mei—Juni 2024. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan ditemukan beberapa hal sehingga perlu penyesuaian teknik pembelajaran yang dilaksanakan. Berdasar hal tersebut, penulisan artikel ini bertujuan untuk memaparkan penerapan strategi memori leksikal dalam pembelajaran BIPA pemula di KBRI Hanoi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data adalah hasil observasi pembelajaran BIPA. Sumber data adalah pemelajar BIPA pemula di KBRI Hanoi Vietnam. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi dan pencatatan selama pembelajaran. Hasil penelitian memaparkan bahwa strategi memori leksikal diperlukan untuk meningkatkan kosakata pemelajar BIPA pemula. Langkah-langkah strategi pembelajaran ini, yakni (1) penentuan tema pembelajaran, (2) klasifikasi kosakata dalam tiap pertemuan, (3) pemilihan dan penggunaan media dukung, dan (4) latihan, evaluasi, dan pengayaan. Strategi ini membantu pemelajar untuk memperkaya kosakatanya. Namun, tetap perlu diperhatikan bahwa dalam pembelajaran bahasa kedua, analisis kebutuhan pemelajar adalah hal terpenting untuk dilakukan.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Strategi pembelajaran BIPA, memori leksikal, BIPA pemula
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Faculty of Sharia and Law > Department of Sharia Business Law
Depositing User: Hersila Astari Pitaloka
Date Deposited: 11 Dec 2024 09:33

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item