Muallifah, Muallifah ORCID: https://orcid.org/0000-0002-6431-5613 (2024) Psikologi anak berkebutuhan khusus. 1, 1 (1). Selaksa Media, Malang. ISBN 978-602-5437-52-6 Author : UNSPECIFIED.
Text
22526.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kajian tentang anak dan remaja berkebutuhan khusus tidak akan pernah habis dan selalu berkembang dengan segala kondisi dan kebutuhannya. Mulai dari sarana, prasarana, kualitas pendidikan, maupun pelayanan pendampingan yang diberikan keluarga, pemerintah, atau masyarakat sekitar. Berbagai layanan dan fasilitas tersebut diharapkan mampu mendukung kualitas pengembangan dan pendidikan anak berakebutuhan khusus.
Tujuan serupa juga diimplementasikan dalam buku berjudul Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Buku ini berisi teori anak dan remaja berkebutuhan khusus, model assessment, model pendidikan, layanan pendampingan, dan terapi untuk mendukung pencapaian keberhasilan dan kemandirian anak berkebutuhan khusus. Buku ini diharapkan mampu memberi wawasan dan gambaran praktis dalam mendampingi pendidikan anak berkebutuhan khusus. Buku ini selain disajikan konsep teoretisnya, juga dilengkapi dengan penjelasan praktis pemberian terapi di sekolah maupun di pusat terapi. Buku yang ditulis oleh beberapa penulis ini menjadi cita cita bersama bahwa untuk memberikan sharing pengetahuan dan praktis dalam mendampingi, dan model terapi yang tepat kepada ABK diperlukan diskusi dan kontribusi oleh beberapa orang yang terlibat langsung maupun tidak. Hal inilah yang mendorong para penulis untuk segera menyelesaikan buku ini agar bisa diambil manfaatnya oleh orang tua, guru, praktisi, maupun masyarakat.
Terima kasih diucapkan kepada seluruh penulis yang telah berkontribusi berupa tulisan sebagai buah dari penelitian yang sudah dikumpulkan menjadi kajian komprehensif dalam buku chapter ini. Terima kasih juga kepada seluruh pihak yang sudah membantu, baik secara moril maupun bentuk dukungan lainnya. Kami mohon maaf atas kekurangan atau kesalahan dalam buku ini. Semoga buku ini memberikan manfaat kepada semua pihak yang membutuhkan sebagai penambah wawasan, informasi, dan menjadi contoh praktis dalam mendampingi anak berkebutuhan khusus.
Item Type: | Book |
---|---|
Keywords: | Anak Berkebutuhan Khusus; Psikologi Perkembangan; Pendidikan Inklusi |
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | MA Muallifah Ny |
Date Deposited: | 11 Dec 2024 13:20 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |