Wahyuni, Esa Nur, Rahayu, Iin Tri ORCID: https://orcid.org/0000-0001-6763-636X and Mangestuti, Retno
ORCID: https://orcid.org/0000-0002-5662-3931
(2024)
Menguji keefektifan experential learning untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa mengelola emosi negatif.
Research Report.
LP2M UIN Malang.
(Unpublished)
![]() |
Text
01. Laporan Penelitian _Lengkap.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Mahasiswa merupakan kelompok usia muda yang rentan terhadap masalah emosional yang dapat menghambat kesuksesan akademik. Regulasi emosi menjadi keterampilan penting untuk mendukung keberhasilan mereka. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi keefektifan model experiential learning David Kolb dalam meningkatkan keterampilan regulasi emosi mahasiswa. Sebanyak 20 mahasiswa dipilih secara purposive. Penelitian ini menggunakan Interrupted Time Series Design (ITSD) untuk mengevaluasi dampak intervensi. Data dikumpulkan melalui Emotion Regulation Questionnaire (ERQ) dan Jurnal Mengelola Emosi yang diisi sebelum dan sesudah intervensi. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif dan uji T, diperkuat dengan analisis kualitatif dari jurnal emosi. Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterampilan regulasi emosi mahasiswa setelah intervensi, dengan nilai p < 0,001. Peningkatan skor rata-rata serta tren positif yang divisualisasikan secara grafis mendukung efektivitas experiential learning dalam mengembangkan regulasi emosi mahasiswa.
Item Type: | Research (Research Report) |
---|---|
Keywords: | Experential Lerning, Emotional Regulation Skills, Higher Education Students. |
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology |
Depositing User: | Dr. Retno Mangestuti, M.Si |
Date Deposited: | 11 Dec 2024 15:11 |
Downloads
Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)
![]() |
View Item |