Responsive Banner

STRATEGI INTERNASIONALISASI UMKM: TEORI DAN PERSPEKTIF

Yuliati, Yuliati ORCID: https://orcid.org/0009-0004-3671-8214 and Immanuel U Osijo, Immanuel (2024) STRATEGI INTERNASIONALISASI UMKM: TEORI DAN PERSPEKTIF. STRATEGI INTERNASIONALISASI UMKM: TEORI DAN PERSPEKTIF, 1 (2024). GET PRESS INDONESIA, KOTA MALANG. ISBN 978-623-125-219-7 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img] Text
STRATEGI INTERNASIONALISASI UMKM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Internasionalisasi dipandang sebagai fenomena yang didorong oleh ekspor dan merupakan sebuah proses bertahap. Tahapan internasionalisasi UKM melibatkan berbagai faktor dan pendekatan. Dimulai dari tahap tradisional kemudian berkembang menuju pendekatan nontradisional yang menekankan pada sumber daya, modal sosial dan internasionalisasi eksperimental yang dinamis. Perkembangan modal sosial memainkan peran penting dalam proses internasionalisasi UKM, dengan tahapan evolusi modal sosial yang berbeda menyertainya tahapan internasionalisasi yang berbed]. Evolusi modal sosial dipengaruhi oleh karakteristik dan niat kewirausahaan, serta jenis bisnis dan industri yang terlibat Fondasi mikro UKM, termasuk atribut individu, faktor struktural, dan elemen prosesual, juga berkontribusi pada proses internasionalisasi. Faktor-faktor penyebab internasionalisasi adalah kesediaan untuk mengembangkan produk untuk pasar luar negeri, keunggulan teknologi, kesediaan untuk mendanai kegiatan internasional, ukuran yang diukur dengan lapangan kerja, kesediaan untuk menjangkau pasar luar negeri, fokus pada pengembangan penelitian dan sifat produk. Tujuan internasionalisasi adalah meningkatkan volume penjualan, pangsa pasar yang lebih besar, atau memperpanjang siklus hidup produk, mendapatkan keuntungan penggerak dan pencapaian penetrasi yang cepat dalam segmen global. Melakukan upaya untuk melindungi dan mengeksploitasi pengetahuan hak milik dan mengunci klien. Selain itu, sering kali laju inovasi teknologi menyebabkan siklus hidup yang sangat pendek dan sempitnya peluang komersial perusahaan. Model integratif internasionalisasi perusahaan kecil meliputi faktor pengetahuan yaitu pengetahuan pasar, pengetahuan pengalaman yang terdiri dari pengetahuan jaringan, pengetahuan budaya, dan pengetahuan kewirausahaan. Sumber utama acuan pembahasan materi ini berasal dari buku yang berjudul “Internationalization of SMES: Context, Models, and Implementation yang disusun oleh Nelly Krzysztof dan Wach Daszkiewicz dan diterbitkan pada tahun 2012. Selain buku tersebut, ditambahkan pula beberapa jurnal pendukung yang berkaitan dengan Internasionalisasi UMKM di Indonesia.

Item Type: Book
Keywords: Internasionalisasi, UMKM, Pendekatan Holistik
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting
Depositing User: yuliati yuliati
Date Deposited: 11 Dec 2024 21:37

Downloads

Downloads per month over past year

Loading...

Origin of downloads

Loading...

Actions (login required)

View Item View Item