Responsive Banner

Determinan minat pelaku UMKM di Malang Raya dalam penggunaan e-payment dengan literasi keuangan sebagai variabel pemoderasi (sertifikat hak cipta)

Muhammad Nanang Choiruddin, Muhammad Sultan dkk (2024) Determinan minat pelaku UMKM di Malang Raya dalam penggunaan e-payment dengan literasi keuangan sebagai variabel pemoderasi (sertifikat hak cipta). 000802795.

[img] Text
22694.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggabungkan Model TAM dengan teori keuangan yang dijadikan sebagai keterbaruan dari penelitian sebelumnya serta penambahan faktor penting dalam penggunaan sistem yaitu perceived security. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi determinan minat UMKM di Kota Malang dalam penggunaan e-payment baik konvensional maupun syariah. Berdasarkan hasil penelitian terdahulu yang masih inkonsisten memberikan dukungan terhadap penelitian ini.

Dalam penelitian ini lokasi penelitian dilakukan di wilayah Malang Raya dengan obyek penelitian yang digunakan yaitu UMKM yang berada di wilayah Malang Raya. Dalam penelitian ini populasi yang digunakan adalah seluruh UMKM yang menggunakan e-payment di wilayah Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu). Jumlah populasi UMKM yang menggunakan e-payment di Malang Raya tidak diketahui, jumlah sampel yang menjadi responden dalam penelitian adalah minimal sebanyak 175 responden. Alat analisis yang digunakan analisis Partial Least Square (PLS).

Hasil riset ini bahwa keamanan yang dirasakan (PS) oleh pelaku UMKM dalam E payment akan mempengaruhi minat penggunaan E payment (IUE) tersebut. Hasil dari riset ini menunjukkan bahwa kemanfaatan yang dirasakan oleh pelaku UMKM dalam E payment akan mempengaruhi minat pelaku UMKM penggunaan E payment tersebut. Hasil riset ini menunjukkan bahwa keamanan yang dirasakan oleh pelaku UMKM dalam E payment akan mempengaruhi kemanfaatan yang dirasakan oleh pelaku UMKM. Hasil diatas menunjukkan bahwa variabel Financial Literacy (FL) mempunyai pengaruh yang tidak signifikan dalam memoderasi variabel determinan minat pelaku UMKM (FSE, PFC, PS, PU, PEU) ke variabel Intention to Use E- payment (IUE). Tetapi variabel Financial Literacy (FL) dalam penelitian ini menunjukkan mempunyai pengaruh langsung yang signifikan pada Intention to Use E- payment (IUE)

Item Type: Hak Cipta
Keywords: E-Payment; Literasi Keuangan; UMKM
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management
Depositing User: Muhammad Sulhan
Date Deposited: 17 Dec 2024 13:44

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item