Bahar, Moh. Arsyad ORCID: https://orcid.org/0000-0002-5914-3108, Firmansyah, Aldrin Yusuf ORCID: https://orcid.org/0000-0001-6671-0564, Samudro, Harida ORCID: https://orcid.org/0000-0003-2973-078X and Yulianto, Yulianto ORCID: https://orcid.org/0009-0001-6353-016X (2024) Evaluasi penerapan pembelajaran teknologi bangunan pada studio Desain Arsitektur Islami (DAI) di program studi Arsitektur UIN Malang. Research Report. LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Submitted)
Text
LAPORAN PENELITIAN Evaluasi Penerapan Pembelajaran Teknologi Bangunan Pada Studio Desain Arsitektur Islami (DAI) Di Program Studi Arsitektur UIN Malang.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan arsitektur memegang peranan penting dalam membentuk masa depan profesi ini. Seiring dengan berkembangnya teknologi, pengintegrasian teknologi bangunan ke dalam studio desain menjadi semakin penting. Penelitian ini mengevaluasi secara kritis kondisi terkini penerapan teknologi bangunan dalam studio arsitektur dengan mengkaji efektivitas pendekatan pedagogi dan desain kurikulum yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi pembelajaran teknologi bangunan pada mata kuliah studio Desain Arsitektur Islam (DAI) di Program Studi Teknik Arsitektur UIN Malang. Evaluasi ini melibatkan pengumpulan data tentang metode pembelajaran teknologi bangunan di studio desain, persepsi dan pengalaman mahasiswa, serta dampak yang dihasilkan terhadap kualitas desain. Evaluasi ini didasarkan pada tiga parameter, yaitu teori Building Technology Principles in Education for Sustainability (ES), Interactive and Innovative Building Technology Teaching and Learning Framework, dan parameter integrasi Islam. Dari hasil evaluasi, ditemukan 62,6% kesamaan pada semua parameter tersebut. Jadi implementasi pembelajaran Teknologi Bangunan di studio Desain Arsitektur Islam (DAI) dapat dinyatakan cukup, yaitu pembelajaran teknologi bangunan telah diterapkan di studio. Nilai evaluasi terendah yang harus ditingkatkan ada pada metode pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan, seperti Game-Based Learning (GBL), Simulasi, dan Blended Learning yang dapat menciptakan interaksi yang lebih aktif antara guru dan siswa serta memanfaatkan pengembangan teknologi bangunan.
Item Type: | Research (Research Report) |
---|---|
Keywords: | Teknologi Bangunan; Pendekatan Pedagogis; Studio Desain Arsitektur |
Subjects: | 12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1201 Architecture |
Divisions: | Faculty of Technology > Department of Architecture |
Depositing User: | Mohammad Arsyad Bahar |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 15:02 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |