Kajian afirmatif pada intelligence and emotional quotient mahasiswa dan pengaruhnya terhadap pembelajaran nahwu

Hilmi, Danial ORCID: https://orcid.org/0000-0002-1336-0190, Sa`diyah, Halimatus and Toifah, Nur (2024) Kajian afirmatif pada intelligence and emotional quotient mahasiswa dan pengaruhnya terhadap pembelajaran nahwu. Research Report. LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (Unpublished)

[img] Text
22764.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (671kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat Intelligence Quotient dan tingkat Emotional Quotient mahasiswa pada proses pembelajaran nahwu, serta mengetahui penguasaan nahwu mereka di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Penelitian ini juga menganalisis pengaruh IQ dan EQ mahasiswa terhadap penguasaan materi nahwu di universitas tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kombinasi pendekatan kuantitatif yang bermaksud mengukur tingkat Intelligence dan Emotional Quotient mahasiswa terhadap penguasaan materi Nahwu. Sementara jenis penelitian yang digunakan adalah studi korelasional yang menghubungkan pengaruh tingkat Intelligence and Emotional Quotient mahasiswa dalam penguasaan materi Nahwu. Data dalam penelitian ini adalah hasil tes pada Intelligence dan Emotional Quotient mahasiswa pada pembelajaran Nahwu dan hasil tes pembelajaran Nahwu yang berkaitan dengan penguasaan konsep dan praktiknya dalam penggunaan kaidah. Sumber datanya adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab dan mahasiswa Program Studi Humaniora. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, tes, dan interview. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik rumus t test melalui skema One Sample Tes model Kolmogorov-Smirnov menggunakan SPSS untuk uji normalitas dan uji koefensi melalui model ANOVA untuk mengukur tingkat pengaruh kedua variabel Intelligence Quotient dan Emotional Quotient terhadap variabel penguasaan nahwu. Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Tingkat Intelligence Quotient mahasiswa pada proses pembelajaran nahwu di UIN Maulana Malik Ibrahim adalah baik dengan rata-rata 75,31, yang mana mahasiswa dapat menyerap materi nahwu dengan baik dan berkembang sesuai dengan potensi yang optimal. 2) Tingkat Emotional Quotient mahasiswa pada proses pembelajaran nahwu di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang adalah baik dengan rata-rata 70,84 yang mana mahasiswa dapat mengelola emosi pada saat penyajian materi nahwu dengan baik serta dapat berkembangan potensi belajar secara optimal. 3) Tingkat penguasaan nahwu mahasiswa di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang adalah didominasi oleh mahasiswa yang memiliki penguasaan sedang. Penguasaan materi nahwu mahasiswa menunjukkan bahwa 5% mahasiswa memiliki tingkat penguasaan materi nahwu sangat baik dan cakap dalam memahami materi nahwu serta menerapkannya dalam membaca teks Arab, 29% mahasiswa memiliki tingkat penguasaan materi nahwu baik dan cakap dalam memahami dan menerapkannya dalam membaca teks Arab, 47% mahasiswa memiliki tingkat penguasaan materi nahwu sedang dan memahami materi cukup namun kurang mendalam dan kurang dapat menerapkannya dalam membaca teks dengan baik, dan 19% mahasiswa memiliki tingkat penguasaan materi nahwu rendah, sangat lemah dalam memahami materi nahwu terlebih menerapkannya dalam membaca teks Arab dan keterampilan menulis.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Nahwu; Pembelajaran; Emotional Quotient; Intelligence Quotient
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200409 Arabic Linguistics > 20040901 'Ilmu al-Nahw (Arabic Syntax and Grammar)
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Arabic Language Education
Depositing User: Halimatus Sa`diyah
Date Deposited: 30 Dec 2024 15:20

Downloads

Downloads per month over past year

Loading...

Origin of downloads

Loading...

Actions (login required)

View Item View Item
W3Counter Web Stats