Maulidiyah, Robi’atul Laili, Taufiqurrochman, R ORCID: https://orcid.org/0000-0003-1001-4353 and Hasaniyah, Nur (2024) Analisis prinsip program Assalam Arabic Course (AAC) berdasarkan Total Quality Management (TQM) di Pondok KMI Assalam Bangilan Tuban. Jurnal Shaut Al-'Arabiyah, 12 (2). pp. 330-342. ISSN 2550-0317
Text
50432-Article Text-155711-1-10-20240912.pdf - Published Version Download (315kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen lembaga khususnya program Assalam Arabic Course (AAC) berbasis Prinsip Total Quality Management. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sedangkan hasil penelitian ini adalah: 1) fokus pengguna program AAC adalah santri Pondok Pesantren KMI Assalam, 2) Kepemimpinan dalam program AAC dipimpin oleh Supervisor AAC dan dibawahnya terdapat Penanggung Jawab (Ketua Program AAC), 3) Keterlibatan SDM yang melibatkan seluruh aspek lembaga meliputi guru, santri, dan kepala sekolah termasuk orang tua, 4) Pendekatan Program AAC merupakan salah satu pendekatan untuk mencapai misi Pondok Pesantren, 5) Keputusan berdasarkan bukti Program AAC berdasarkan evaluasi dan kurikulum yang ada, dan 6) Hubungan manajemen yang mengadopsi kitab-kitab dari Pondok Pesantren Darussalam Gontor dan juga Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Bahasa Arab (LIPIA).
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | Evaluasi; Manajemen; Program bahasa Arab |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1599 Other Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified |
Divisions: | Faculty of Humanities > Department of Arabic Language and Letters |
Depositing User: | Nur Hasaniyah |
Date Deposited: | 24 Dec 2024 09:07 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |