Analisis prinsip program Assalam Arabic Course (AAC) berdasarkan Total Quality Management (TQM) di Pondok KMI Assalam Bangilan Tuban

Maulidiyah, Robi’atul Laili, Taufiqurrochman, R ORCID: https://orcid.org/0000-0003-1001-4353 and Hasaniyah, Nur (2024) Analisis prinsip program Assalam Arabic Course (AAC) berdasarkan Total Quality Management (TQM) di Pondok KMI Assalam Bangilan Tuban. Jurnal Shaut Al-'Arabiyah, 12 (2). pp. 330-342. ISSN 2550-0317

[img] Text
50432-Article Text-155711-1-10-20240912.pdf - Published Version

Download (315kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen lembaga khususnya program Assalam Arabic Course (AAC) berbasis Prinsip Total Quality Management. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sedangkan hasil penelitian ini adalah: 1) fokus pengguna program AAC adalah santri Pondok Pesantren KMI Assalam, 2) Kepemimpinan dalam program AAC dipimpin oleh Supervisor AAC dan dibawahnya terdapat Penanggung Jawab (Ketua Program AAC), 3) Keterlibatan SDM yang melibatkan seluruh aspek lembaga meliputi guru, santri, dan kepala sekolah termasuk orang tua, 4) Pendekatan Program AAC merupakan salah satu pendekatan untuk mencapai misi Pondok Pesantren, 5) Keputusan berdasarkan bukti Program AAC berdasarkan evaluasi dan kurikulum yang ada, dan 6) Hubungan manajemen yang mengadopsi kitab-kitab dari Pondok Pesantren Darussalam Gontor dan juga Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Bahasa Arab (LIPIA).

Item Type: Journal Article
Keywords: Evaluasi; Manajemen; Program bahasa Arab
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1599 Other Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Arabic Language and Letters
Depositing User: Nur Hasaniyah
Date Deposited: 24 Dec 2024 09:07

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item