Sugiarti, Tutut ORCID: https://orcid.org/0009-0000-9694-0096
(2024)
Pembentukan stereotip gender melalui media massa: Sebuah studi kasus KDRT.
01, 2
(1).
1, PT. Pawitra Baskara Abadi.
ISBN 62-3074-9787-208
UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.
![]() |
Text
22793.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Stereotipe gender dalam iklan televisi telah menjadi topik perdebatan lama, terutama
di kalangan cendekiawan media. Kasus ini menjadi masalah serius, karena bias gender iklan
akan mempengaruhi cara berpikir kita tentang peran dan cara berfungsinya gender dalam
masyarakat. penelitian ini memaparkan bagaimana iklan televisi telah memberikan stereotipe
peran gender terhadap perempuan. hal ini menjadi penting dikaji lebih lanjut untuk melihat cara
individu menerima pesan tentang norma-norma gender. Studi ini menggunakan metode
deskriptif analitik yang bertujuan untuk menggambarkan bentuk-bentuk stereotype perempuan
dalam representasi iklan televisi. Hasil penelitan yang didapatkan adalah kekuatan iklan dalam
menghasilkan produk pencitraan telah ikut andil dalam menyuburkan stereotipe yang selama ini
dilekatkan pada perempuan. Simbol-simbol sosial yang selama ini dilekatkan pada perempuan
kemudian diolah lebih jauh secara kreatif oleh para pembuat iklan untuk lebih mendekatkan
produk yang akan ditawarkan dengan kemauan konsumen. Produk-produk yang ditawarkan
berupa Sabun, Detergen, Handbody, Suplemen obat kuat, makanan dan lainnya selalu
menggunakan ikon wanita sebagai alat jual yang cukup signifikan.
Kata kunci: Media, Gender, Stereotipe, Iklan, televisi swasta
Abstract:
Gender stereotypes in television advertising have become a topic of a long debate, especially
among media scholars. The case became a serious problem, because of gender bias ads will
affect the way we think about the role and way of functioning of gender in society. This study
describes how television commercials have given gender role stereotypes against women. It is
becoming important to be studied further to see how people receive messages about gender
norms. This study uses descriptive analytical method that aims to describe forms of stereotypical
representations of women in television commercials. Research results obtained are in the
advertising power generating imaging products has been taking part in cultivating stereotypes
that have been embedded in women. Social symbols that had been attached to female and then
processed further creatively by the advertisers to bring more products to be offered by the
willingness of consumers. Products are offered in the form of soaps, detergents, Handbody,
supplements are powerful medicine, food and other women always use the icon as a significant
sales tool.
Key Words: Media, Gender, Stereotipe, Commercials, Television
Item Type: | Book |
---|---|
Additional Information: | Perwujudan konsep gender sebagai sifat yang melekat pada laki-laki maupun perempuan yang dikonstruksi secara sosial dan budaya, misalnya jika dikatakan bahwa seorang laki-laki itu lebih kuat, gagah, keras, disiplin, lebih pintar, lebih cocok untuk bekerja di luar rumah dan bahwa seorang perempuan itu lemah lembut, keibuan, halus,cantik, lebih cocok untuk bekerja di dalam rumah (mengurus anak, memasak dan membersihkan rumah) maka itulah gender dan itu bukanlah kodrat karena itu dibentuk oleh manusia. Perbedaan gender sesungguhnya tidak menjadi masalah sepanjang tidak melahirkan ketidakadilan gender (gender inequality) |
Keywords: | Media; Gender; Stereotipe; Iklan; televisi swasta |
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Tutut Sugiarti |
Date Deposited: | 30 Dec 2024 14:33 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |