Responsive Banner

Pengaruh peer support dan academic adjustment terhadap academic burnout pada mahasiswa

Mubarok, Ali Syahidin ORCID: https://orcid.org/0000-0002-0166-9852, Ayu, Selly Candra ORCID: https://orcid.org/0000-0002-4328-8302 and Hasan, Akhmad Farroh (2024) Pengaruh peer support dan academic adjustment terhadap academic burnout pada mahasiswa. Research Report. LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
LAPORAN PENELITIAN MANDIRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat dinamika penyesuaian akademik pada mahasiswa serta burnout yang ditimbulkan dari problem tersebut. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan regresi. Jumlah subjek pada penelitian ini sebanyak 375 mahasiswa yang terdiri dari lintas program studi. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Adapun hasil penelitian menunjukkan baik secara simultan maupun parsial, dukungan sosial dan penyesuaian akademik memiliki pengaruh terhadap burnout akademik. Riset ini menunjukkan bahwa pembentukan atau kepemilikan lingkungan yang tepat mampu menghidarkan mahasiswa dari burnout akademik selama proses perkuliahan berlangsung

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: burnout akademik; dukungan sosial; penyesuaian akademik
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Faculty of Sharia and Law > Department of Sharia Business Law
Depositing User: Akhmad Farroh Hasan
Date Deposited: 30 Dec 2024 11:58

Downloads

Downloads per month over past year

Loading...

Origin of downloads

Loading...

Actions (login required)

View Item View Item