Responsive Banner

Ismail Raji Al Faruqi's Thoughts on the Wiwitan Tradition in Kedak, Kediri

Rozaq, Muhammad Abdur and Soleh, Achmad Khudori ORCID: https://orcid.org/0000-0002-5145-6046 (2025) Ismail Raji Al Faruqi's Thoughts on the Wiwitan Tradition in Kedak, Kediri. Tebuireng Journal of Islamic Studies and Society, 5 (2). pp. 313-329. ISSN 2775-2151

[img]
Preview
Text
23058.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan tradisi wiwitan yang kemudian merelevansikan terhadap pemikiran Ismail Raji al-Faruqi ilmu sosial, yang mana pemikiran al-Faruqi dikaitkan dengan Tauhid yang menjadi prinsip tata
sosial. Tauhid tidak hanya menekankan kesalehan individu melainkan juga kesalehan sosial. Sebab tauhid adalah sebagai prinsip penentu pertama dalam Islam, kebudayaannya, dan sainsnya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode sosiologis, dengan metode pengumpulan data
menggunakan intrumen berupa dokumen, wawncara, dan observasi. Penelitian ini menemukan beberapa pemikiran al-Faruqi tentang prinsi tauhid yang menjadi tata sosial dalam masyarakat. karena tauhid tidak untuk mencari kebenaran dalam diri sendiri akan tetapi untuk orang lain juga, konsep kebenaran untuk diri sendiri hanyalah sebuah kesia-siaan. Hal ini senada dengan perubahan nilai dalam tradisi wiwitan, yang mengahasilkan nilai dari aspek sosial, aspek ekonomi, aspek kegamaan, dan aspek spiritual. Yang mana tradisi ini berdampak positif terhadap kehidupan sosial agama, dalam segi ketauhidan dengan wujud syukur kepada yang maha Esa dengan bersedekah dalam bentuk memberikan makanan kepada sesama.

Item Type: Journal Article
Keywords: Pemikiran; Ismail Raji al-Faruqi; Perubahan; Tradisi Wiwitan
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2203 Philosophy
Divisions: Faculty of Psychology
Depositing User: Dr Achmad Khudori Soleh
Date Deposited: 09 Jan 2025 09:55

Downloads

Downloads per month over past year

Loading...

Origin of downloads

Loading...

Actions (login required)

View Item View Item