Sutrisno, Sutrisno, Inayati, Isna Nurul and Ulfa, Nanik (2024) Redesain modul pembelajaran PAI berbasis peace education sebagai implementasi kurikulum merdeka di jenjang pendidikan dasar. Presented at Proceeding International Conference on Islamic Education “Exploring Contemporary Challenges and Innovations in Education”, October 17th, 2024, UIN Malang.
|
Text
23252.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (301kB) | Preview |
Abstract
Tingkat multikulturalisme di Indonesia yang tinggi perlu disikapi secara bijak agar tidak menimbulkan dampak negatif yang dapat mengancam persatuan bangsa Indonesia. Melalui pendidikan, hal ini dapat disikapi salah satunya dengan mengembangkan modul pembelajaran Agama Islam berbasis nilai peace education. Pengembangan modul PAI berbasis peace education ini penting dilakukan terutama di jenjang pendidikan dasar, mengingat pada level pendidikan ini dasar-dasar keilmuan mulai ditanamkan. Sehingga pengembangan modul ini diharapkan memberikan dampak pada pembentukan karakter toleran dan cinta damai dalam diri peserta didik di masa yang akan datang. Modul ajar PAI ini dikembangkan dengan mengacu pada model diferensisai pembelajaran pada kurikulum merdeka, dengan jenis diferensiasi proses yang dapat di wujudkan dalam pemilihan metode pembelajaran yang mengacu pada karakteristik peserta didik yang majemuk. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau library research. Sumber data dalam penulisan ini diperoleh dari literatur-literatur yang berhubungan dengan topik penelitian bertujuan untuk memperkuat pembahasan ini yaitu segala buku pendukung yang membahas tentang nilai-nilai peace education (pendidikan perdamaian) dan integrasinya dalam penyusunan modul pembelajaran PAI. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan analisis konten. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan Modul Ajar PAI berbasis nilai-nilai peace education dapat dilakukan melalui beberapa cara mulai dari diferensiasi konten, proses, produk dan lingkungan. Dengan diferensiasi ini maka Modul ajar PAI yang dikembangkan sangat memungkinkan untuk digunakan dalam pendidikan dasar untuk membentuk karakter toleran dan cinta damai dalam diri siswa.
| Item Type: | Conference (Speech) |
|---|---|
| Keywords: | Kurikulum Merdeka; Modul Pembelajaran PAI; Peace Education; Pendidikan Dasar |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership |
| Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education Management |
| Depositing User: | sutrisno sutrisno |
| Date Deposited: | 05 Mar 2025 09:18 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |

Altmetric
Altmetric