Responsive Banner

Pendampingan anggota IGRA dalam melaksanakan proses belajar mengajar kreatif dan menyenangkan berbasis konten kreator

Karisma, Ria Dhea Layla Nur ORCID: https://orcid.org/0000-0002-5941-9565, Khudzaifah, Muhammad ORCID: https://orcid.org/0000-0001-8500-1843 and Aghniacakti, Ainindita Pendampingan anggota IGRA dalam melaksanakan proses belajar mengajar kreatif dan menyenangkan berbasis konten kreator. Community Service Report. LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
23365.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu cara efektif untuk menanggulangi kemiskinan, dengan peran guru sebagai fasilitator, motivator, dan pembimbing dalam proses pembelajaran. Dalam pendidikan anak usia dini, khususnya di Raudhatul Athfal (RA), guru memegang peranan penting dalam menanamkan nilai-nilai keimanan, kemandirian, dan akhlak mulia pada anak di usia emasnya (0-5 tahun). Penelitian ini bertujuan untuk memberdayakan guru RA di Kecamatan Turen untuk membuat konten pembelajaran berbasis media sosial sebagai metode inovatif dalam meningkatkan keterlibatan siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR) yang melibatkan 13 lembaga RA di Kecamatan Turen dengan fokus pada pelatihan guru untuk menghasilkan konten pembelajaran digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru sudah menggunakan perangkat digital dalam mengajar, namun masih terdapat kendala dalam mengembangkan konten digital yang selaras dengan perkembangan kognitif anak usia dini. Selain itu, penelitian ini menekankan pentingnya membuat akun media sosial dan situs website resmi untuk setiap RA yang terintegrasi dalam satu platform terpadu di tingkat kabupaten.
Hasil dari program ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan media sosial sebagai alat pembelajaran yang interaktif dan menarik. Dengan demikian, memberdayakan guru untuk membuat konten digital yang mendidik merupakan kunci untuk meningkatkan kualitas pendidikan, terutama untuk anak usia dini. Evaluasi berkelanjutan melalui umpan balik memungkinkan penyempurnaan metode pengajaran, sehingga tercipta lingkungan belajar yang lebih efektif dan kreatif.

Item Type: Research (Community Service Report)
Keywords: Raudhatul Athfal, IGRA, PAR, Konten Digital
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0104 Statistics > 010401 Applied Statistics
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Mathematics and Sciences > Department of Mathematics
Depositing User: Miss Ria Dhea Layla Nur Karisma
Date Deposited: 20 Feb 2025 14:11

Downloads

Downloads per month over past year

Loading...

Origin of downloads

Loading...

Actions (login required)

View Item View Item