Responsive Banner

Pengelolaan limbah pelapah pisang menjadi produk handycraft bernilai jual untuk pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Malang

Aisyah, Esy Nur ORCID: https://orcid.org/0000-0001-9448-4277, Lestari, Yona Octiani ORCID: https://orcid.org/0000-0002-1825-0097 and Rozi, M. Fatkhur (2025) Pengelolaan limbah pelapah pisang menjadi produk handycraft bernilai jual untuk pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Malang. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 9 (1). pp. 33-41. ISSN 2581-2572

[img] Text
23638.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (325kB)

Abstract

Pohon pisang (pelepah) yang buahnya telah matang akan dipotong untuk diambil buahnya dan batangnya akan dibuang begitu saja menjadi limbah. Jika berlebihan limbah ini dapat mencemari lingkungan. Dan hal inilah yang menjadi pemicu kreatifitas kita untuk berupaya memanfaatkan potensi limbah pelepah pisang Menjadikannya sebuah karya cipta yang bernilai jual tinggi. Mencoba untuk menanamkan jiwa kewirausahaan Masyarakat sekitar atas potensi alamnya. Kegiatan pengabdian Masyarakat di lakukan di Kabupaten Malang, dengan pendekatan Participatory action research (PAR) pada generasi millenial. Berdasarkan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dengan menggunakan limbah pelepah pisang dapat disimpulkan bahwa: 1. Pengolahan pelepah pisang menjadi bahan baku dapat dilakukan dengan beberapa tahaoan antara lain adalah proses pencarian dan proses penebangan pohon pisang, proses pelepasan pelepah batang pisang, proses penjemmuran dan proses pemilihan pelepah pisang sebagai bahan baku 2. Pembuatan handycraft dari pelepah pisang kering dapat dilakukan dengan membuka acara dan memberikan materi mengenai limbah pelepah pisang, melakukan praktek pembuatan handycraft dan melakukan pendampingan dalam proses pembauatan handycraft dan penutupan dan evaluasi hasil praktek 3. Sistem pemasaran produk handycraft dilakukan dengan pemasaran secara offline dengan metode word of mouth (wom) adalah sebuah strategi pemasaran yang dilakukan oleh pihak-pihak secara independen kepada calon pelanggan, pemasaran secara online menggunakan facebook dan instagram, pemasaran online adalah kegiatan komunikasi pemasaran dengan menggunakan media internet.

Item Type: Journal Article
Keywords: Limbah Pelepah Pisah; Handycraft; Participatory action research (PAR); kewirausahaan; Pemberdayaan masyarakat
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Faculty of Economics > Department of Islamic Banking
Depositing User: Esy Nur Aisyah
Date Deposited: 06 May 2025 13:45

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item