Responsive Banner

Media pembelajaran (sertifikat hak cipta)

Denny Aulia Rachmawati, Erita, dkk (2025) Media pembelajaran (sertifikat hak cipta). 000852317.

[img] Image
23887.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu aspek paling penting dalam penguasaan bahasa di tingkat perguruan tinggi dalam bahasa Arab adalah pembelajaran maharah al-kalam (keterampilan berbicara). Dengan keterampilan ini mahasiswa berpeluang untuk menjalin komunikasi secara efektif, berinteraksi dengan orang lain dalam konteks sosial dan akademik serta menyampaikan gagasan (Sa`diyah & Wiranegara, 2023). Namun, untuk mengembangkan maharah ini, mahasiswa menghadapi tantangan tersendiri, yaitu pengembangan keterampilan ini diliputi dengan tantangan terbesar yaitu kecemasan berbicara. Rasa malu dan takut untuk menyampaikan pendapat, apalagi dengan menggunakan bahasa Arab, seringkali dilakukan oleh mahasiswa non Arab, termasuk Indonesia (Naili & Annisa, 2024). Mereka khawatir melakukan kesalahan secara tata bahasa atau secara lisan. Hal itu menyebabkan timbulnya minimnya self confidence yang dapat menghambat kemampuan mahasiswa untuk berlatih berbicara secara aktif dan mengurangi partisipasi mereka dalam proses pembelajaran (Sa`diyah, 2019).

Antusiasme mahasiswa dalam pembelajaran memainkan peran penting dalam mengatasi masalah ini. Ketika mahasiswa merasa antusias, mereka lebih termotivasi untuk terlibat dalam proses pembelajaran dan mencoba mengatasi rasa takut mereka (Yunita, 2020). Namun, membangkitkan antusiasme tidaklah mudah, terutama dalam pembelajaran maharah al-kalam, di mana banyak mahasiswa merasa cemas atau tertekan untuk berbicara. Oleh karena itu, sangat penting bagi pengajar untuk menciptakan suasana yang mendukung, yang dapat mengurangi rasa cemas dan meningkatkan antusiasme mahasiswa untuk berbicara (Rengganawati, 2024). Peningkatan antusiasme juga dapat memperbaiki iklim kelas, membuat mahasiswa lebih aktif, dan membantu mereka mengatasi ketakutan akan kesalahan berbicara.

Inovasi dalam dalam metode pembelajaran untuk menciptakan lingkungan yang lebih menyenangkan dan interaktif urgen untuk diterapkan. Metode konvensional yang menitikberatkan pada teacher centre tidak efektif untuk mengatasi rasa cemas mahasiswa. Selain itu, metode menghafal dapat menjadi beban bagi mahasiswa dan menimbulkan kepasifan dalam pembelajaran yang dapat menurunkan partisipasi mahasiswa dalam berbicara dengan bahasa Arab.
Salah satu inovasi yang dapat digunakan adalah media berbasis permainan, seperti Spin the Wheel. Spin the Wheel adalah media yang sering digunakan dalam permainan atau aktivitas yang berbasis elemen keberuntungan (Inayah & Prayogo, 2023). Dalam konteks pembelajaran, media ini dapat diadaptasi untuk menumbuhkan antusiasme mahasiswa, dengan memberikan kejutan dan tantangan yang menyenangkan. Misalnya, mahasiswa dapat memutar roda untuk memilih topik pembicaraan atau tugas berbicara yang akan mereka lakukan. Dengan cara ini, mahasiswa tidak hanya merasa lebih terlibat dalam pembelajaran, tetapi juga lebih berani untuk berpartisipasi aktif karena suasana yang lebih santai dan tanpa tekanan.

Inovasi semacam ini berfungsi untuk mengubah persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran maharah al-kalam. Mahasiswa tidak melihat pembelajaran berbicara sebagai tugas yang membosankan atau menakutkan, tetapi melihatnya sebagai tantangan yang menyenangkan dan penuh peluang. Spin the Wheel tidak hanya memberikan unsur kejutan, tetapi juga membuat setiap sesi pembelajaran terasa lebih dinamis dan jauh dari unsur menekan. Mahasiswa tidak merasa cemas, dapat berbicara denngan leluasa, berekspresi dan mampu belajar dari kesalahan yang dilakukan.

Dengan demikian, tulisan ini menyajikan kajian tentang Spin the Wheel dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran inovatif bagi pengajar dan digunakan untuk membantu menciptakan antusiasme mahasiswa untuk berbicara bahasa Arab tanpa rasa cemas atau takut, tetapi maharah al-kalam menjadi pembelajaran yang efektif dan mengandung keseruan tersendiri. Hal ini penting untuk dilakukan karena bagi penutur non Arab, berbicara bahasa asing bukan sesuatu yang mudah, terlebih lagi jika pembelajaran dilakukan setiap hari.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: Media; spin the wheel; kalam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200409 Arabic Linguistics > 20040910 'Ilmu al-Lughah al-Nafsiy (Arabic Psycholinguistics)
Divisions: Faculty of Psychology
Depositing User: Halimatus Sa`diyah
Date Deposited: 17 Jun 2025 13:43

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item