Agus Maimun dan Abdul Fattah (2025) Pondok pesantren, kitab kuning, dan relasi sosial: Refleksi atas eksistensi dan peran sosial pondok pesantren (sertifikat hak cipta). 000851989.
|
Text
23893.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pondok pesantren merupakan salah satu institusi pendidikan Islam tertua di Indonesia yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari perjalanan sejarah bangsa. Sebagai pusat pembelajaran agama, pesantren tidak hanya mencetak ulama dan cendekiawan, tetapi juga berperan penting dalam membentuk karakter masyarakat, mendorong perubahan sosial, serta menjaga nilai-nilai kearifan lokal.
Eksistensinya telah melewati berbagai fase sejarah, mulai dari masa penjajahan, era kemerdekaan, hingga era modernisasi global. Di setiap tahap perubahan tersebut, pondok pesantren selalu mampu beradaptasi tanpa kehilangan identitasnya sebagai lembaga pendidikan berbasis nilai keimanan, kebersamaan, dan kemanusiaan.
Lebih dari sekadar institusi pendidikan agama, pesantren juga memberi kontribusi nyata dalam pembangunan sosial. Mulai dari pemberdayaan ekonomi masyarakat, penguatan solidaritas sosial, hingga peran aktif dalam penyelesaian konflik lokal, pesantren hadir sebagai katalisator harmoni dan kemajuan. Kini, banyak pondok pesantren yang mengintegrasikan program kewirausahaan, advokasi lingkungan, serta pemberdayaan perempuan dalam kurikulumnya—menunjukkan fleksibilitas dan inovasi dalam menjawab tantangan zaman.
| Item Type: | Hak Cipta |
|---|---|
| Keywords: | Pondok; Pesantren; Kitab Kuning; Relasi sosial; Eksistensi dan Peran Sosial |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) |
| Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education |
| Depositing User: | Abdul Fattah |
| Date Deposited: | 17 Jun 2025 15:27 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |

Altmetric
Altmetric