Rochayatun, Sulis
ORCID: https://orcid.org/0000-0001-5798-7502, Meldona, Meldona
ORCID: https://orcid.org/0000-0002-1787-4818 and Nastiti, Ratna Dwi
(2025)
Harmonisasi corporate social responsibility untuk pencapaian sustainability UMKM.
Edulitera, Malang.
ISBN 978-623-485-458-9
UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.
|
Text
23971.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
Secara umum buku ini menyajikan pemahaman yang menyeluruh tentang bagaimana gambaran harmonisasi CSR bagi pencapaian sustainability UMKM. Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) di Indonesia telah mengalami perkembangan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir, dengan penekanan yang semakin besar pada pelaporan dan pengungkapan keberlanjutan. CSR di Indonesia semakin selaras dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs). Perusahaan-perusahaan di Indonesia berkontribusi dalam mencapai SDGs melalui berbagai program CSR.
Disisi lain sustainability UMKM menjadi isu penting yang harus diwujudkan, dan CSR menjadi salah satu hal yang dapat menjembatani hal tersebut dapat terwujud. Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) dan keberlanjutan menjadi pertimbangan yang semakin penting bagi bisnis dari semua ukuran, termasuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia, memberikan kontribusi yang signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja dan PDB. Bukti empiris dari penelitian-penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa banyak UMKM Indonesia menghadapi hambatan besar dalam menerapkan praktik keberlanjutan, seperti keterbatasan sumber daya keuangan, kesenjangan pengetahuan, dan akses yang tidak memadai terhadap pendanaan, disinilah diperlukan harmonisasi CSR.
Buku ini memberikan gambaran baik teoritis maupun empiris tentang harmonisasi CSR yang di implementasikan kepada UMKM khususnya UMKM Halal di Jawa Timur. Industri halal dan UMKM saat ini menjadi tren bisnis dengan pertumbuhan tercepat di pasar global., di Indonesia dengan populasi muslim terbesar di dunia, tentu industri halal menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk mewujudkan pencapaian target menjadi Pusat Halal Dunia di tahun 2024. Bukti empiris memberikan gambaran
Implementasi harmonisasi CSR yang diwujudkan dengan tiga dimensi yaitu CSR melalui pendidikan, CSR melalui keterlibatan komunitas dan CSR melalui inisiasi matapencaharian/penghidupan dalam upaya mencapai sustainability UMKM yang dimediasi oleh inklusi keuangan dan dimoderasi oleh literasi keuangan pada UMKM Halal di Jawa Timur.
| Item Type: | Book |
|---|---|
| Keywords: | CSR; Harmonisasi CSR; Sustainability UMKM |
| Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics |
| Divisions: | Faculty of Economics > Department of Accounting |
| Depositing User: | Sulis Rochayatun |
| Date Deposited: | 30 Jun 2025 11:36 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |

Altmetric
Altmetric