Indah, Rohmani Nur (2018) Menjadi orang-tua istimewa. Presented at Seminar Pendidikan TEACCH (Treatment and Education for Autism and Related Communication Handicapped Children), 24 Maret 2018, Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Malang. (Unpublished)
|
Text (full text)
2415.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (717kB) | Preview |
Abstract
Dalam seminar pendidikan TEACCH (Treatment and Education for Autism and Related Communication Handicapped Children) ini disampaikan konsep dan aplikasi pendidikan serta peran orang tua dalam pendidikan individu ABK (Anak Berkebutuhan Khusus). Pada sesi pertama seminar pendidikan ini disampaikan bagaimana TEACCH (Treatment and Education of Autism and Related Communication Handicapped Children) memudahkan komunikasi dua arah sehingga bermanfaat untuk perkembangan ABK pada segala aspek. Sesi kedua seminar juga menjelaskan penerapan TEACCH dalam konteks pendidikan di sekolah luar biasa. Pada sesi ketiga ini, saya menggunakan TEACCH sebagai akronim langkah-langkah strategis orang tua ABK sebagai wujud perannya dalam pendidikan pengentasan anak dari keterbatasannya menuju ketidakterbatasannya. TEACHH sebagai langkah strategis orang tua meliputi: Terbuka, Edukasi, Aktif, Cari, Commitment dan Hargai. Masing-masing langkah tersebut jika diterapkan akan memudahkan orang tua dan siapapun yang peduli pada ABK untuk mengentaskan mereka dari kekhususannya menuju ke ketidakterbatasannya.
Item Type: | Seminar and Workshop |
---|---|
Keywords: | TEACCH; Treatment and Education for Autism and Related Communication Handicapped Children; parenting strategy; anak berkebutuhan khusus |
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Faculty of Humanities > Department of English Language and Letters |
Depositing User: | Dr. Rohmani Nur Indah |
Date Deposited: | 21 Mar 2018 10:05 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |