Taufiqurrochman, R (2007) Pemerolehan bahasa Arab melalui lagu: Desain Program Arabiyah Lil Athfaal. El-Ummah. ISSN 1978-2160
|
Text
BELAJAR B. ARAB MELALUI LAGU 2007.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Salah satu problem mendasar dalam pembelajaran bahasa asing, termasuk bahasa Arab, adalah pemerolehan bahasa dan pengayaan kosakata. Untuk itu, diperlukan model pembelajaran yang aktif dan kreatif untuk level dasar, utamanya untuk anak-anak sehingga muncul Model Arabiyyah Lil Athfal (ALA) yang secara khusus didesain untuk pembelajaran bahasa Arab yang menyenangkan dan disesuaikan dengan kemampuan, minat dan bakat anak-anak.
Karena itu, materi lagu bahasa Arab terbukti efektif sebagai materi utama pengajaran bahasa Arab. Dengan lagu, anak-anak menjadi lebih senang, lebih cepat hafal dan suasana pembelajaran selalu kondusif. Ini merupakan faktor penting agar sejak awal, anak-anak termotivasi belajar bahasa Arab.
Dalam pembelajaran melalui lagu, dapat dipetakan ada lagu pengenalan huruf hijaiyah, lagu terjemahan dan juga lagu-lagu asli berbahasa Arab yang pendek dan mudah dihafalkan.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021406 al-Lughah al-'Arabiyyah li Aghradh al-Khash (Arabic for Specific Purposes) |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Arabic Language Education |
Depositing User: | Taufiqurrochman R. |
Date Deposited: | 02 Mar 2016 10:02 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |