Sang Nakhoda: Biografi Suryadharma Ali

Taufiqurrochman, R (2013) Sang Nakhoda: Biografi Suryadharma Ali. UIN Maliki Press, Malang, Indonesia. ISBN 978-602-958-474-5

[img] Image
Sang Nakhoda1.jpg

Download (43kB)

Abstract

Seorang sastrawan bersyair: أحسن السفينة فإن البحر عميق ¤ وخذ الزاد فإن السفر بعيد “Perkuatlah bahteramu karena sesungguhnya samudera sangat dalam dan luas terbentang. Bawalah bekal pelayaran karena sesungguhnya perjalanan teramat panjang”.

Bait syair di atas sangat relevan untuk membingkai figur Suryadharma Ali, Sang Nahkoda di Kementerian Agama, sebuah kementerian dengan satuan kerja terbanyak dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Awak kapalnya terdiri dari seluruh pemeluk agama yang multikultural, multietnis dan multi budaya. Untuk mengantarkan mereka semua ke pelabuhan, Sang Surya ternyata telah dipersiapkan sejak dini.

Laksana mengarungi lautan, perjalanannya jelas menghadapi deburan ombak, terjangan badai dan batu-batu karang yang pasti ada dan siap menghambat laju perjalanan yang hendak menuju cita-cita mewujudkan masyarakat Indonesia yang taat beragama, rukun, cerdas, mandiri dan sejahtera lahir batin.
Tugas dan wewenang mengemudikan bahtera Kemenag saat layar berkembang, memerlukan sosok nahkoda yang tak mudah terbawa arus, kuat memegang prinsip, memiliki kapasitas dan kapabilitas mumpuni dan teruji, serta multitalenta. Karakteristik ini dapat ditemukan pada Suryadharma Ali.
Buku biografi ini sekilas memotret perjalanan hidupnya yang sarat teladan sejak Sang Surya terbit di pantai pesisir utara, lalu mempersiapkan bekal pelayaran di pesantren sebagai santri penghafal al-Quran hingga liku-liku pengembaraannya sebagai mahasiswa aktivis, pengusaha, kader partai politik hingga berhasil menahkodai dua kementerian; sebagai Menneg Koperasi dan UKM dan kini, sebagai Menteri Agama RI.

Alhamdulillah bi hamdih, dengan memuji syukur kepada Allah dan bershalawat untuk kekasih-Nya, Nabi Muhammad saw, akhirnya buku biografi singkat ini rampung dengan segala kekurangan, keterbatasan dan mungkin juga kesalahan. Karenanya, penulis terus mengharap masukan yang konstruktif agar ke depan muncul kembali buku biografi yang lebih sempurna. Sebab, memotret perjalanan hidup Sang Nahkoda yang begitu menakjubkan dengan sederat prestasi dan kariernya yang cepat meroket di berbagai bidang yang ia geluti, jelas merupakan misi berat bagi penulis yang hanya melihat beliau dari puncak gunung di Malang, sementara Sang Nahkoda berada di tengah samudera Hanya sekali saja, penulis bertatap muka dengan Sang Nahkoda, itupun cuma berjabat tangan saat bersama di bandara Hat Yai, Thailand. Tatkala penulis telah diagendakan untuk berwawacara langsung dengan Menteri Agama di Bangkok, Thailand, tiba-tiba ada kabar duka tentang wafatnya kakak beliau. Sang Surya pun segera balik ke Jakarta sebelum fajar tiba sehingga penulis gagal menatap wajahnya yang teduh.

Sebaliknya, saat penulis kembali dijadwalkan bertemu beliau di Jakarta, dua hari sebelum pemberangkatan, nenek tercinta penulis dipanggil oleh Allah untuk selamanya. Alhasil, wawancara untuk penulisan buku ini pun, kembali gagal. Jika kemudian buku ini bisa selesai, tentu sepenuhnya karena inayah dan taufiq dari Allah swt. Sebab, sejatinya buku biografi ini ditulis hanya dalam waktu 7 hari 7 malam pasca tahlil hari ketujuh dari kemangkatan "Hj Siti Nuriyah", nenek penulis. Dengan segala kerendahan hati, kepada para pembaca, izinkan penulis mempersembahkan buku ini untuk "kakak" Sang Surya dan "nenek" penulis yang kasih sayang mereka melebihi butiran mutiara.

Jika kemudian buku ini bisa juga selesai, itu karena cahaya Sang Surya yang begitu terang benderang hingga siapapun bisa melihat dan memotret sisi kehidupannya yang begitu indah dan sarat makna keteladanan. Ada banyak hikmah dan inspirasi di setiap langkah Sang Nahkoda sebagai salah satu putra terbaik yang pernah lahir di Indonesia. Pemimpin yang tepat di saat yang tepat. Membangun kepercayaan sekaligus citra Kementerian Agama RI.

Item Type: Book
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1604 Human Geography > 160403 Social and Cultural Geography
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Arabic Language Education
Depositing User: Taufiqurrochman R.
Date Deposited: 02 Mar 2016 02:28

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item