Responsive Banner

Analisis penerapan pendekatan tematik berbasis keterampilan abad 21 dalam pembelajaran science berbahasa Inggris di sekolah bilingual

Wahyuni, Hilda, Rizko, Ulfatur, Firdaus, Yuliana Izdihar, Bukhori, Imam, Susilawati, Samsul ORCID: https://orcid.org/0000-0002-8312-8151 and Wibowo, Agus Mukti ORCID: https://orcid.org/0000-0003-1257-1591 (2025) Analisis penerapan pendekatan tematik berbasis keterampilan abad 21 dalam pembelajaran science berbahasa Inggris di sekolah bilingual. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 9 (4). pp. 1758-1770. ISSN P-ISSN: 2620-5807; E-ISSN: 2620-7184

[img]
Preview
Text
24540.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (241kB) | Preview

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era globalisasi menuntut dunia pendidikan untuk menyesuaikan diri dengan kebutuhan keterampilan abad ke-21. Salah satu pendekatan yang dinilai efektif untuk mendukung hal tersebut adalah pendekatan tematik berbasis keterampilan abad 21, khususnya di sekolah bilingual. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan tematik berbasis keterampilan abad 21 dalam pembelajaran Science berbahasa Inggris di SDIT Plus Aulia Kids School, Medan, serta mengidentifikasi kendala dan upaya yang dilakukan dalam penerapannya. Penelitian inimenggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan tematik diterapkan dengan mengaitkan materi Science pada tema-tema yang relevan dengan kehidupan siswa, didukung oleh buku Cambridge dan berbagai media pembelajaran interaktif. Pembelajaran dirancang berbasis studentcentered dan project based learning, yang melatih keterampilan berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi siswa (4C skills). Penggunaan bahasa Inggris dilakukan secara mix language untuk memudahkan pemahaman siswa. Secara umum, penerapan pendekatan ini efektif dalam meningkatkan pemahaman materi dan keterampilan abad 21 siswa, meskipun masih terdapat kendala dalam hal keterbatasan kosakata siswa, perbedaan kemampuan berbahasa Inggris, keterbatasan waktu. Untuk mengatasi kendala tersebut dapat melakukan beberapa strategi yaitu, meningkatkan kosakata bahasa inggris siswa, berlatih komunikasi

Item Type: Journal Article
Keywords: Thematic Approach; 21st Century Skills; English-Medium Science; Bilingual School
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Graduate Schools > Magister Programme > Graduate School of Teacher Education for Islamic Primary Schools
Depositing User: Agus Mukti Wibowo
Date Deposited: 14 Oct 2025 13:32

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item