Abubakar, Isti'anah (2014) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam sirah nabawiyah. Presented at Konferensi International Peradaban Islam, 29-31 Agustus 2014, Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (Unpublished)
|
Text (full text)
2455.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (758kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan karakter menjadi parameter utama keberhasilan pendidikan suatu negara. Adapun sirah nabawiyah adalah kajian syamil akan perjalanan Nabi Muhammad sebagai sosok inspiratif fenomenal bagi semua umat. Eksplorasi sirah Nabawiyah menjadi mutlak dilakukan guna menemukan inspirasi-inspirasi baru yang mampu diaplikasikan dalam konteks kekinian. Selama ini kajian Sirah Nabawiyah banyak ditekankan pada pasca kenabian yang secara tidak langsung menjadikan modelling Nabi Muhammad sebagai sesuatu yang imposible. Status kenabian menjadi alasan utama ketidakmampuan kita untuk meniru sosok Nabi Muhammad. Maka kajian ini dimaksudkan untuk memberikan wacana baru dengan mempertegas sisi manusiawi Nabi yang siapapun dan dalam kondisi apapun mampu mendekati sosok ideal Nabi Muhammad, sebagai insan paripurna yang notabene menjadi tujuan utama pendidikan karakter itu sendiri. Kajian ini difokuskan pada penelahaan pada masa sebelum kenabian sebagai bagian integral dalam pendidikan karakter. Artinya, masa sebelum kenabian menjadi pijakan untuk dimaknai untuk kemudian ditemukan core values yang mampu menjadi main material dalam pendidikan karakter, terutama bagi generasi muda.
Item Type: | Conference (Paper) |
---|---|
Keywords: | pendidikan karakter; materi utama; core values |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2202 History and Philosophy of Specific Fields > 220202 History and Philosophy of Education |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education |
Depositing User: | Istianah Abubakar |
Date Deposited: | 17 May 2018 09:00 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |