Responsive Banner

Efektivitas teknik finger painting dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun

Khusnaini, Izzatun, Susanti, Rikza Azharona ORCID: https://orcid.org/0000-0002-8566-0555, Fitriah, Nurlaeli ORCID: https://orcid.org/0000-0001-8734-1577 and Rochmah, Ainur (2025) Efektivitas teknik finger painting dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 8 (1). pp. 43-52. ISSN 26622469

[img] Text
24691.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (542kB)

Abstract

Kondisi keterampilan motorik halus pada anak-anak di RA Miftahul Huda menunjukkan adanya tantangan dalam perkembangan mereka. Dari 15 anak, ada 12 yang mengalami kesulitan dalam mengoordinasikan pergerakan mata dan tangan, khususnya ketika mereka melakukan aktivitas menggambar, menulis, dan tugas sehari-hari seperti membuka kemasan makanan ringan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi seberapa efektif kegiatan melukis dengan tangan (finger painting) dalam meningkatkan keterampilan motorik halus bagi anak-anak berusia 4 hingga 5 tahun di RA Miftahul Huda Karangploso, Kabupaten Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan eksperimen semu atau quasi eksperimen, yang terdiri dari satu kelompok dengan melakukan tes sebelum dan setelah perlakuan. Subjek dalam penelitian ini mencakup semua anak dalam kelompok A3 yang berjumlah 15 orang, dengan teknik pengambilan sampel dilakukan secara menyeluruh. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, pencatatan dokumen, dan pelaksanaan tes sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak mengalami kemajuan yang signifikan dalam kemampuan motorik halus setelah mengikuti aktivitas melukis dengan tangan. Hal ini terlihat dari perbedaan rata-rata nilai antara tes awal (pre-test) yang mencapai 14,26% dan nilai pada tes akhir (post-test) yang meningkat menjadi 18,33%. Uji t dilaksanakan untuk memverifikasi apakah hasil tersebut signifikan, dan diperoleh nilai signifikansi yang kurang dari 0,05, yang berarti terdapat pengaruh nyata dari kegiatan melukis jari terhadap peningkatan kemampuan motorik halus anak-anakyat. Oleh karena itu, aktivitas melukis jari dapat berkontribusi pada peningkatan keterampilan motorik halus anak-anak.

Item Type: Journal Article
Keywords: Efektivitas; Finger painting; Perkembangan Motorik Halus
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Early Childhood Education
Depositing User: Rikza Azharona Susanti
Date Deposited: 10 Nov 2025 14:07

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item