Ali Ridho, Supriyono, dkk (2025) Pengembangan sistem asesmen adaptif bidang psikologi dan pendidikan untuk profiling individu dan evaluasi organisasi dan kelembagaan (sertifikat hak cipta). 001003229.
|
Text
24707.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
|
Text
24707-1.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini mengembangkan sistem asesmen adaptif untuk menghasilkan profil psikologis dan pendidikan, yang menjawab kebutuhan kritis akan metode evaluasi yang dinamis dan responsif baik dalam konteks individu maupun organisasi. Asesmen tradisional sering kali bergantung pada instrumen statis, yang mungkin tidak cukup menangkap sifat, perilaku, dan kompetensi yang berkembang yang diperlukan untuk pertumbuhan pribadi dan pengembangan institusi. Dengan menggunakan teknologi asesmen adaptif dan mengintegrasikan pembelajaran mesin (ML) dan kecerdasan buatan (AI), proyek ini berupaya menciptakan sistem yang mempersonalisasi asesmen berdasarkan respons para peserta asesmen, menawarkan sudut pandang yang mendalam untuk menghasilkan interpretasi yang akurat dan lengkap sesuai kebutuhan sehingga meningkatkan pengambilan keputusan dan perencanaan pengembangan di lingkungan pendidikan dan perusahaan.
Dalam tiga tahap selama tiga tahun, pengembangan ini akan berfokus pada pembuatan kerangka asesmen adaptif untuk domain-domain utama seperti kemampuan kognitif, ciri-ciri kepribadian, dan kemahiran pada bidang-bidang keterampilan yang relevan. Fase pertama akan melibatkan penelitian dasar dan pengumpulan data untuk mengidentifikasi model psikometrik yang penting dan mendefinisikan domain asesmen inti. Fase kedua akan berkonsentrasi pada pengembangan dan uji coba algoritma adaptif, yang secara dinamis akan menyesuaikan kecocokan dan relevansi pertanyaan menggunakan teknik ML seperti teori respon butir (IRT). Fase terakhir akan berfokus pada implementasi dan validasi skala besar di lembaga pendidikan dan lingkungan perusahaan, memastikan skalabilitas sistem, ketahanan, dan penerapan praktis.
Hasil yang diharapkan termasuk peningkatan akurasi profil individu, mekanisme umpan balik yang berharga bagi institusi, dan mengurangi bias asesmen. Pengembangan sistem adaptif ini akan berkontribusi pada pemahaman yang lebih luas dan mendalam mengenai psikometri dan asesmen adaptif dalam psikologi dan pendidikan, sekaligus menawarkan alat bantu praktis untuk memenuhi kebutuhan asesmen modern. Dengan dukungan dana yang diusulkan, penelitian ini menjanjikan kemajuan yang signifikan dalam asesmen dan evaluasi pendidikan dan organisasi, selaras dengan kemajuan pengukuran psikologis dan pendidikan yang terus berkembang.
| Item Type: | Hak Cipta |
|---|---|
| Keywords: | sistem asesmen adaptif; profil psikologis dan pendidikan; pembelajaran mesin; psikometri. |
| Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1702 Cognitive Sciences > 170202 Decision Making 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0803 Computer Software 10 TECHNOLOGY > 1099 Other Technology 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1702 Cognitive Sciences 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences |
| Divisions: | Faculty of Psychology |
| Depositing User: | Nurul Shofiah |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 10:24 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |

Altmetric
Altmetric