Responsive Banner

UMKM, tantangan, Strategi, dan Keunggulan

Mu'is, Ahmad ORCID: https://orcid.org/0000-0003-2893-3964 and Farida, Lailatul (2025) UMKM, tantangan, Strategi, dan Keunggulan. KBM Indonesia, Sleman Yogyakarta. ISBN 978-634-202-252 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img] Text
24711.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Full text available at: https://repository.uin-malang.ac.id

Abstract

Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) merupakan salah satu sektor ekonomi yang memainkan peranan krusial dalam perekonomian suatu negara, terutama negara berkembang seperti Indonesia.Joseph Schumpeter (1934) mengungkapkan bahwa UMKM berperan sebagai agen inovasi yang mendorong pertumbuhan ekonomi melalui proses “creative destruction”. Dalam konteks ini, UMKM sering kali menciptakan inovasi baru yang mengganggu pasar yang telah mapan, memungkinkan dinamika persaingan yang lebih sehat. Schumpeter menekankan bahwa UMKM memiliki keunggulan dalam fleksibilitas dan kemampuan adaptasi terhadap perubahan pasar dibandingkan dengan perusahaan besar. David Birch (1979) melalui penelitiannya menunjukkan bahwa UMKM, khususnya usaha kecil, adalah pencipta utama lapangan kerja baru. Birch memperkenalkan konsep "job generation process" yang menjelaskan bagaimana usaha kecil lebih dinamis dalam menciptakan peluang kerja dibandingkan perusahaan besar yang cenderung lebih stabil namun kurang fleksibel dalam memperluas tenaga kerja.

Item Type: Book
Keywords: UMKM; Strategi; Tantangan; Keunggulan
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management
Depositing User: M.S.I Ahmad Mu'is
Date Deposited: 11 Nov 2025 11:47

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item