Responsive Banner

Modul pelatihan appreciative inquiry untuk menurunkan kecemasan karir dan meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan karir siswa MA (sertifikat hak cipta)

Fathul Lubabin Nuqul, Rahmatika Sari Amalia dkk (2025) Modul pelatihan appreciative inquiry untuk menurunkan kecemasan karir dan meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan karir siswa MA (sertifikat hak cipta). 001019260.

[img] Text
24766.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
24766-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Latar Belakang: Kecemasan karir dan kesulitan dalam pengambilan keputusan karir merupakan tantangan yang umum dialami siswa sekolah menengah atas, khususnya siswa Madrasah Aliyah menghadapi tekanan unik dalam perencanaan karir saat mereka mempersiapkan diri untuk pendidikan tinggi dan dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas pelatihan Appreciative Inquiry (AI) dalam menurunkan kecemasan karir dan meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan karir pada siswa Madrasah Aliyah.
Metode: Desain eksperimen murni dengan pretest-posttest control group digunakan dalam penelitian ini. Seluruh populasi sebanyak 95 siswa kelas XI dari MAN 2 Malang. Partisipan secara acak ditugaskan ke kelompok eksperimen (n=48) atau kelompok kontrol (n=47). Kelompok eksperimen menerima pelatihan AI empat fase (Discovery, Dream, Design, Destiny) yang dilaksanakan dalam dua sesi, sementara kelompok kontrol menerima perlakuan plasebo tentang manajemen stres akademik. Data dikumpulkan menggunakan Skala Kecemasan Karir (Tsai et al., 2017) dan Skala Pengambilan Keputusan Karir (Conger, 1991),
Hasil: Pelatihan AI secara signifikan menurunkan tingkat kecemasan karir pada kelompok eksperimen. Kemampuan pengambilan keputusan karir meningkat
Implikasi : Pelatihan Appreciative Inquiry merupakan intervensi berbasis kekuatan yang efektif untuk secara simultan menurunkan kecemasan karir dan meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan karir pada siswa sekolah menengah atas. Temuan ini mendukung integrasi prinsip-prinsip AI ke dalam program bimbingan karir berbasis sekolah

Item Type: Hak Cipta
Keywords: Appreciative Inquiry Keputusan Karir; Kecemasan Karir; Madrasah Aliyah
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology
Divisions: Faculty of Psychology
Depositing User: Dr Fathul Lubabin Nuqul
Date Deposited: 18 Nov 2025 09:38

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item