Pemanfaatan Program Edmodo di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab: Sebuah Model Pembelajaran Berbasis Website

Taufiqurrochman, R and Fauzi, Moch. Sony (2012) Pemanfaatan Program Edmodo di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab: Sebuah Model Pembelajaran Berbasis Website. Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (full text)
2478.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kebutuhan terhadap model pembelajaran berbasis website di dunia pendidikan dengan memanfaatkan jaringan internet semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi modern dewasa ini. Karenanya, dengan penelitian ini, diharapkan ada temuan berupa model e-learning yang representatif untuk dimanfaatkan dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini mendeskripsikan Program Edmodo yang pernah diimplementasikan di Jurusan Pendidikan Bahasa pada Fakultas Humaniora dan Budaya Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Program Edmodo adalah sistem manajemen pembelajaran atau Learning Management System (LMS) berupa laman website berbasis situs jejaring sosial (social networking) yang khusus diperuntukkan bagi pendidikan. Edmodo adalah representatif ideal bagi model e-learning karena memiliki fitur-fitur pendukung yang mampu mempermudah proses pembejaran. Ada 8 fitur utama Edmodo, yakni, library, calender, note, alert, assignment, quiz, grades dan poll. Melalui eksperimen pada mata kuliah "e-learning" dan "ilmu terjemah", 94% dari 208 mahasiswa menyatakan setuju bahwa Edmodo adalah model e-learning yang tepat untuk membantu proses pembelajaran. Karenanya, penelitian ini merekomendasikan bahwa Edmodo layak dijadikan proyek percontohan bagi lembaga-lembaga pendidikan di Indonesia yang hendak menerapkan Learning Management System atau model pembelajaran berbasis website. Kata Kunci: Edmodo, Website, Pembelajaran Pendahuluan Seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang semakin pesat, kebutuhan terhadap konsep dan mekanisme belajar mengajar berbasis TIK menjadi tidak terelakkan lagi. Konsep yang lalu dikenal dengan e-learning ini, menurut Hartley (2001:30) membawa pengaruh terjadinya proses transformasi pendidikan konvensional ke dalam bentuk digital, baik secara isi (content) dan sistem.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Edmodo; Model Pembelajaran Berbasis Website; E-Learning; Learning Management System; LMS
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021410 Wasa'il wa Tiknulujia al-Ta'lim (Educational Media & Technology)
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Arabic Language Education
Depositing User: Taufiqurrochman R.
Date Deposited: 10 Apr 2018 17:12

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item