Pengembangan Kamus Tarbiyah Indonesia-Arab, Arab-Indonesia

Taufiqurrochman, R (2015) Pengembangan Kamus Tarbiyah Indonesia-Arab, Arab-Indonesia. Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (full text)
2479.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kamus Tarbiyah merupakan kamus khas (khusus), lawan dari kamus 'aam (umum). Kamus Khusus untuk bidang studi tertentu (kamus spesialisasi keilmuan) sangat penting karena antara kamus khusus dan kamus umum beda. Dengan kamus khusus, makna yang tersaji lebih bersifat kontekstual, pencarian kata lebih cepat, penyusunan entri lebih efektif, dan tentunya lebih dibutuhkan bagi sivitas akademia di bidang pendidikan (tarbiyah)

Dahulu, kamus bahasa Arab untuk kebutuhan belajar bahasa Arab bagi semua kalangan sehingga kamus yang muncul adalah mu’jam ‘aam (kamus umum). Saat ini, kamus bahasa Arab telah berkembang menjadi mu’jam khas (kamus khusus) yang diperuntukkan bagi pelajar bahasa Arab untuk tujuan khusus pada bidang studi ilmu tertentu. Oleh sebab itu, belum adanya kamus pendidikan (tarbiyah) bagi dosen/mahasiswa di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, menjadi alasan bagi peneliti untuk menyusun dan mengembangkan “Kamus Tarbiyah Indonesia-Arab Arab-Indonesia”.

Rumusan Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan Model-D adalah: 1) Bagaimana pengembangan “Kamus Tarbiyah Ind-Arab Arab-Ind”? 2) Bagaimana penilaian terhadap produk “Kamus Tarbiyah Ind-Arab Arab-Ind” tersebut?

Hasil penelitian ini menunjukkan, pertama, pengembangan “Kamus Tarbiyah Ind-Arab Arab-Ind” dengan Model-D sangat mudah dan sistematis dengan 4 tahapan, yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), dan Dessimenate (Penyebaran). Pada tahap pendefinisan, peneliti melakukan analisis user, analisis isi, dan analisis tujuan.

Pada tahap perancangan, peneliti menempuh 5 tahap, yaitu: pengumpulan data, seleksi kosakata dan istilah, penerjemahan kosakata, penulisan kosakata dan perancangan desain fisik kamus. Pada tahap pengembangan, peneliti melakukan 3 langkah, yaitu: validasi kamus, ujicoba pertama dan ujicoba kedua. Sedangkan pada tahap penyebaran, peneliti menghasilkan 3 produk, yaitu; laporan penelitian lengkap, artikel tentang hasil riset ini yang siap dipublikasikan di jurnal ilmiah, dan produk buku, yakni “Kamus Tarbiyah Indonesia-Arab Arab-Indonesia”.

Kedua, penilaian terhadap produk yang dikembangkan peneliti berupa "Kamus Tarbiyah Indonesia-Arab Arab-Indonesia" ini meliputi 3 kali penilaian, yaitu: penilaian pakar, penilaian pengguna (10 responden) pada ujicoba pertama, dan penilaian pengguna (20 responden) pada ujicoba kedua.

Hasilnya menunjukkan bahwa pada penilaian pertama, "Kamus Tarbiyah Indonesia-Arab Arab-Indonesia" menurut pakar di bidang leksikologi dan pendidikan bahasa Arab memperoleh skor 86%, artinya produk tersebut dinyatakan "Sangat Baik".

Pada penilaian kedua di saat ujicoba pertama terhadap 10 responden, hasilnya menunjukkan skor 89%, artinya produk tersebut dinyatakan "Sangat Baik‟ dan menunjukkan peningkatan kualitas dari uji pakar sebanyak 3%. Peningkatan ini menunjukkan keberhasilan peneliti pada tahap revisi produk. Sedangkan pada penilaian ketiga di saat ujicoba kedua terhadap 20 responden, hasilnya menunjukkan skor 91%, artinya produk tersebut diakui oleh responden sebagai produk yang „Sangat Baik‟. Berarti, ada peningkatan 5% daripada skor yang diperoleh di saat uji pakar (86%) dan meningkat 2% daripada skor yang diperoleh di saat ujicoba pertama.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Kamus; Leksikologi; Leksikografi; Tarbiyah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200407 Lexicography
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Arabic Language Education
Depositing User: Taufiqurrochman R.
Date Deposited: 10 Apr 2018 09:55

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item