Responsive Banner

Inclusivitas pembelajaran bahasa Arab pengalaman dan perspektif mahasiswa dengan disabilitas netra

Erna Herawati, Erna ORCID: https://orcid.org/0009-0005-2761-8243, Nurul Hikmah, Nurul ORCID: https://orcid.org/0000-0002-4140-9377 and Sony Fauzi, Sony ORCID: https://orcid.org/0009-0005-2761-8243 (2025) Inclusivitas pembelajaran bahasa Arab pengalaman dan perspektif mahasiswa dengan disabilitas netra. pustaka peradaban, 1 (1). pustaka peradaban, Karang Besuki, Sukun, Kota Malang. ISBN 9786238941384 Author, Author, Author : Erna Herawati, Erna Herawati and Nurul Hikmah, Nurul Hikmah and M. Sony Fauzi, M. Sony Fauzi.

[img] Text
Buku PDF-Inklusivitas Pendidikan Bahasa Arab.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Buku ini membahas dinamika inklusivitas dalam pembelajaran Bahasa Arab berdasarkan pengalaman langsung dan perspektif mahasiswa dengan disabilitas netra di perguruan tinggi keagamaan Islam. Lahir dari rangkaian wawancara mendalam, observasi akademik, serta telaah kebijakan layanan disabilitas, buku ini mengungkap sejauh mana aksesibilitas, fasilitas pendukung, serta praktik pedagogi telah menjawab kebutuhan belajar mahasiswa tunanetra. Temuan dalam buku ini menunjukkan bahwa meskipun terdapat komitmen institusional untuk mewujudkan pendidikan inklusif, berbagai tantangan tetap muncul, seperti keterbatasan bahan ajar yang ramah pembaca layar, kurangnya pelatihan dosen dalam pedagogi inklusif, serta hambatan stigma sosial yang memengaruhi proses belajar.

Melalui analisis kritis dan refleksi pengalaman mahasiswa, buku ini menghadirkan gambaran utuh mengenai bagaimana pembelajaran Bahasa Arab dapat dirancang secara lebih adaptif, humanis, dan berkeadilan. Selain memetakan problematika, buku ini juga menawarkan rekomendasi implementatif bagi lembaga pendidikan, dosen, dan pengembang kurikulum agar mampu menciptakan ekosistem pembelajaran yang lebih akomodatif bagi seluruh mahasiswa, termasuk mereka yang menyandang disabilitas netra. Dengan demikian, buku ini diharapkan menjadi kontribusi penting bagi pengembangan wacana pendidikan inklusif, serta menjadi rujukan bagi institusi yang berupaya memperkuat aksesibilitas dan kualitas pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia.

Kata kunci: Pendidikan inklusif, Bahasa Arab, disabilitas netra, aksesibilitas, pedagogi adaptif.

Item Type: Book
Additional Information: Erna 085646642836 Nurul 081357552217 Sony 085102401002
Keywords: Pendidikan inklusif, Bahasa Arab, disabilitas netra, aksesibilitas, pedagogi adaptif.
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education
Divisions: Faculty of Mathematics and Sciences > Department of Mathematics
Depositing User: Nurul Hikmah H
Date Deposited: 20 Nov 2025 10:10

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item