Responsive Banner

Pengembangan sistem asesmen adaptif bidang psikologi dan pendidikan untuk profiling individu dan evaluasi organisasi dan kelembagaan

Ridho, Ali ORCID: https://orcid.org/0000-0002-6818-0998, Supriyono, Supriyono ORCID: https://orcid.org/0000-0002-4733-9189, Shofiah, Nurul and manara, Muhammad Untung Pengembangan sistem asesmen adaptif bidang psikologi dan pendidikan untuk profiling individu dan evaluasi organisasi dan kelembagaan. Research Report. LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (Unpublished)

[img] Text
Ciptaan - Laporan Riset_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengembangkan sistem asesmen adaptif untuk menghasilkan profil psikologis dan pendidikan, yang menjawab kebutuhan kritis akan metode evaluasi yang dinamis dan responsif baik dalam konteks individu maupun organisasi. Asesmen tradisional sering kali bergantung pada instrumen statis, yang mungkin tidak cukup menangkap sifat, perilaku, dan kompetensi yang berkembang yang diperlukan untuk pertumbuhan pribadi dan pengembangan institusi. Dengan menggunakan teknologi asesmen adaptif dan mengintegrasikan pembelajaran mesin (ML) dan kecerdasan buatan (AI), proyek ini berupaya menciptakan sistem yang mempersonalisasi asesmen berdasarkan respons para peserta asesmen, menawarkan sudut pandang yang mendalam untuk menghasilkan interpretasi yang akurat dan lengkap sesuai kebutuhan sehingga meningkatkan pengambilan keputusan dan perencanaan pengembangan di lingkungan pendidikan dan perusahaan. Dalam tiga tahap selama tiga tahun, pengembangan ini akan berfokus pada pembuatan kerangka asesmen adaptif untuk domain-domain utama seperti kemampuan kognitif, ciri-ciri kepribadian, dan kemahiran pada bidang-bidang keterampilan yang relevan. Fase pertama akan melibatkan penelitian dasar dan pengumpulan data untuk mengidentifikasi model psikometrik yang penting dan mendefinisikan domain asesmen inti. Fase kedua akan berkonsentrasi pada pengembangan dan uji coba algoritma adaptif, yang secara dinamis akan menyesuaikan kecocokan dan relevansi pertanyaan menggunakan teknik ML seperti teori respon butir (IRT). Fase terakhir akan berfokus pada implementasi dan validasi skala besar di lembaga pendidikan dan lingkungan perusahaan, memastikan skalabilitas sistem, ketahanan, dan penerapan praktis. Hasil yang diharapkan termasuk peningkatan akurasi profil individu, mekanisme umpan balik yang berharga bagi institusi, dan mengurangi bias asesmen. Pengembangan sistem adaptif ini akan berkontribusi pada pemahaman yang lebih luas dan mendalam mengenai psikometri dan asesmen adaptif dalam psikologi dan pendidikan, sekaligus menawarkan alat bantu praktis untuk memenuhi kebutuhan asesmen modern. Dengan dukungan dana yang diusulkan, penelitian ini menjanjikan kemajuan yang signifikan dalam asesmen dan evaluasi pendidikan dan organisasi, selaras dengan kemajuan pengukuran psikologis dan pendidikan yang terus berkembang.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: sistem asesmen adaptif; profil psikologis dan pendidikan; pembelajaran mesin; psikometri.
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Nurul Shofiah
Date Deposited: 21 Nov 2025 21:59

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item