MENTERI HUKUM DIREKTUR JENDERAL KEKAYAAN INTELEKTUAL (2025) Mathematical Content dalam Permainan Tradisional Jawa dan Kaitannya dalam Pembelajaran Matematika Berbasis STEM (sertifikat hak cipta). 001021805.
|
Text
HKI_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (808kB) |
Abstract
Permainan tradisional dapat diintegrasikan dalam pembelajaran. Oleh karena itu perlu untuk dilakukan eksplorasi mathematical content dalam permainan tradisional agar dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Mathematical Content dan desain pembelajaran berbasis STEM dalam permainan Cublak-cublak Suweng. (2) Mathematical Content dan desain pembelajaran berbasis STEM dalam permainan Jamuran. (3) Mathematical Content dan desain pembelajaran berbasis RME dalam permainan endog-endogan.
Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi digunakan dalam penelitian ini. Permainan tradisional yang diteliti yaitu cublak-cublak suweng, jamuran, dan endog-endogan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode yang bersumber dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil pemuan dan desain pembelajaran dilakukan validasi ahli.
Hasil penelitian diperoleh: (1) Permainan tradisional Cublak-Cublak Suweng memuat Mathematical Content yaitu himpunan, kardinalitas himpunan, relasi, peluang sederhana, peluang dua kejadian saling lepas, peluang binomial, operasi biner, dan konsep modulo (sisa hasil bagi). Desain pembelajaran pada materi peluang menggunakan pendekatan STEM, model pembelajaran etno-realistics Mathematics. (2) Permainan tradisional Jamuran memuat Mathematical Content yaitu himpunan, kardinalitas himpunan, relasi, peluang sederhana, peluang dua kejadian saling lepas, peluang binomial, operasi biner, permutasi siklis, bangun datar lingkaran, rotasi, periode. Desain pembelajaran yang dapat diterapkan berdasarkan permainan Jamuran adalah dengan pendekatan STEM, model pembelajaran Discovery Learning dengan materi luas lingkaran pada siswa kelas VIII. (3) Permainan Endog-Endogan Mathematical Content yaitu penjumlahan, perkalian, pengurangan, dan pembagian. Desain pembelajaran berdasarkan permainan tradisional Endog-Endogan dapat diterapkan pada siswa kelas III (tiga) Sekolah Dasar dengan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan konstruktivisme dan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME), materi yang terkait pada jenjang SD adalah perkalian
| Item Type: | Hak Cipta |
|---|---|
| Keywords: | mathematical content; cublak-cublak suweng; jamuran, endog-endogan,; pembelajaran; matematika |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
| Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Mathematics Education |
| Depositing User: | M.Pd Siti Faridah |
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 18:17 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |

Altmetric
Altmetric