Barizi, Ahmad
ORCID: https://orcid.org/0000-0002-3295-7304 and Zaini, Moh.
Membangun islam moderat: Analisis kurikulum matakuliah Islam dan kemuhammadiyahan di UMM.
Research Report.
LP2M UIN Malang, Malang.
(Unpublished)
|
Text (Penelitian Mandiri)
Rev-Penelitian Mandiri-Ahmad Barizi.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Kota Malang sebagai kota pendidikan memiliki keragaman multikultural yang dapat hidup berdampingan secara dinamis. Mayoritas penduduknya Muslim, dan tetap berdampingan secara harmonis. Kunci utama membangun harmoni sosial dan mencegah lahirnya sikap keagamaan eksklusif terletak pada kuatnya penerapan nilai-nilai Islam moderat. UMM memiliki peran penting dalam membentuk pemahaman Islam moderat melalui Pendidikan Agama Islam (PAI). Kampus ini mendorong nilai inklusif, toleran, dan ramah terhadap perbedaan. Namun, proses internalisasi nilai moderat belum cukup ditelaah secara sistematis. Internalisasi bukan sekadar pengetahuan, tetapi menuntut dukungan budaya kampus secara kelembagaan. Penelitian ini mengkaji konsep Islam moderat dan proses internalisasi Islam moderat melalui MK PAI/Islam dan Kemuhammadiyahan di UMM.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui interview, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan metode content analysis (interactive model) Huberman, A.M, dan Saldana, -yang dipadu dengan sudut pandang grand theory (Yusuf al-Qaradhawi dan Muhaimin). Teknik pengecekan keabsahan data dilakukan melalui 2 hal, yakni trianggulasi sumber data dan trianggulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini bahwa: 1). Konsep Islam moderat di UMM berakar pada integrasi dua sistem nilai utama: yaitu nilai IIIMAN (Ikhlas, Ihsan, I’etqan, Ma’iyah, Amanah, Nazahah) yang menumbuhkan moralitas batin dan spiritualitas pribadi (inner values).Konsep ini melahirkan profil Islam moderat yang utuh: yaitu berakidah lurus, beramal seimbang, berilmu profesional, bersikap toleran, dan berjiwa adil, yang ini potensial menjadi model pengembangan Islam moderat di Indonesia; 2). Proses internalisasi nilai Islam moderat di UMM berlangsung secara integratif, berjenjang, sistemik, dan transformatif, melibatkan kurikulum, pembinaan mahasiswa, budaya kampus, dan kebijakan kelembagaan. UMM menanamkan nilai IIIMAN melalui P2KK, AIK 1-4, KAS, SLQ, dan Student Day. Melalui proses internalisasi ini Islam moderat tidak berhenti pada wacana, tetapi telah menjadi “ruh kehidupan kampus” yang membentuk insan akademik wasathiyah: toleran, adil, dan berkeadaban.
| Item Type: | Research (Research Report) |
|---|---|
| Keywords: | Islam Moderat, Pendidikan Agama Islam (PAI), dan UMM. |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2203 Philosophy > 220304 Epistemology |
| Divisions: | Graduate Schools > Doctoral Programme > Graduate School of Interdisciplinary Islamic Education |
| Depositing User: | Ahmad Barizi |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 10:25 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |

Altmetric
Altmetric