Responsive Banner

Efektivitas microlearning berbasis metode audiolingual dalam kegiatan Shobahul Lughoh untuk meningkatkan kemampuan Muhadatsah Yaumiyyah Mahasantri

Firdaus, Ahmad Royhan, Zahra, Azizatiz, Aryani, Laila Rahma and Prasetiyo, Agung ORCID: https://orcid.org/0009-0002-7818-8296 (2025) Efektivitas microlearning berbasis metode audiolingual dalam kegiatan Shobahul Lughoh untuk meningkatkan kemampuan Muhadatsah Yaumiyyah Mahasantri. Research Report. FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
Laporan Rekognisi Penelitian FITK Tahun 2025 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (804kB)

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai efektivitas
microlearning berbasis metode audiolingual dalam kegiatan Shobahul Lughoh
terhadap peningkatan muhadatsah yaumiyyah mahasantri Ma’had Sunan Ampel
Al-Aly Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran ini terbukti efektif dalam meningkatkan
kemampuan berbicara bahasa Arab secara signifikan.
Peningkatan tersebut terlihat dari hasil analisis data pretest dan posttest, di mana
nilai rata-rata mahasantri meningkat dari 60,66 menjadi 94,42, dengan nilai N-Gain
sebesar 0,85 yang termasuk dalam kategori tinggi. Hampir seluruh peserta
penelitian mengalami peningkatan kemampuan, tanpa adanya penurunan nilai pada
hasil posttest. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan microlearning berbasis
metode audiolingual mampu memberikan pengaruh positif yang merata terhadap
kemampuan muhadatsah yaumiyyah mahasantri.
Secara pedagogis, efektivitas model ini disebabkan oleh karakteristik
microlearning yang menyajikan materi dalam potongan singkat, terfokus, dan
berulang, sehingga memudahkan proses internalisasi bahasa dan meningkatkan
retensi memori jangka panjang. Integrasi metode audiolingual yang menekankan
latihan mendengar dan berbicara secara berulang turut memperkuat pembentukan
kebiasaan linguistik dan kelancaran berbahasa.
Dari sisi praktis, penerapan microlearning dalam kegiatan Shobahul
Lughoh terbukti mampu meningkatkan motivasi, partisipasi, serta kepercayaan diri
mahasantri dalam menggunakan bahasa Arab secara aktif. Oleh karena itu,
microlearning berbasis metode audiolingual dapat dijadikan sebagai strategi
pembelajaran alternatif yang inovatif, efisien, dan relevan untuk diterapkan dalam
pembelajaran bahasa Arab, khususnya dalam konteks pendidikan Islam dan
lingkungan ma’had yang menekankan kemampuan komunikasi lisan.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: MICROLEARNING, AUDIOLINGUAL, MUHADATSAH YAUMIYYAH
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2099 Other Language, Communication and Culture
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Arabic Language Education
Depositing User: Agung Prasetiyo
Date Deposited: 26 Nov 2025 11:38

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item