Rendhi Fatrisna Yuniar, Kanza Ayomi Negara, Zahra Dwi Lugyn, Eka Amalia Putri (2025) Investigating the impact of Tiktok-based microlearning on students’ vocabulary acquisition (sertifikat hak cipta). EC002025172432.
|
Text
Rekognisi.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
|
Text
LAPORAN PENELITIAN REKOGNISI FIX SCAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Rendahnya minat baca dan keterampilan literasi di kalangan pelajar Indonesia masih menjadi tantangan serius dalam dunia pendidikan, terutama di era digital ketika siswa lebih banyak mengonsumsi informasi cepat melalui media sosial dibandingkan membaca sumber ilmiah secara mendalam. Peralihan budaya membaca ini berdampak pada lemahnya kemampuan memahami informasi dan penguasaan kosakata. TikTok, sebagai platform yang sangat populer di kalangan generasi muda, mulai dimanfaatkan dalam konteks pembelajaran, meskipun format konten pendeknya menimbulkan kekhawatiran terhadap fungsi memori dan retensi pengetahuan. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa TikTok dapat mendukung akuisisi kosakata, tetapi sebagian besar dilakukan dalam konteks informal dan jangka pendek, sehingga masih terdapat celah penelitian mengenai efektivitasnya sebagai media microlearning dalam pembelajaran formal. Penelitian ini bertujuan menganalisis dampak penggunaan TikTok-based microlearning terhadap penguasaan kosakata mahasiswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini menilai sejauh mana konten video pendek yang dirancang secara pedagogis dapat meningkatkan akuisisi dan retensi kosakata, serta menarik minat belajar mahasiswa. Hipotesis penelitian menyatakan bahwa penggunaan TikTok sebagai platform microlearning berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan kosakata mahasiswa, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Temuan penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi teoretis bagi pengembangan model pembelajaran berbasis teknologi serta menawarkan wawasan praktis bagi pendidik dalam merancang strategi pengajaran kosakata yang relevan dengan karakteristik digital native learners.
| Item Type: | Hak Cipta |
|---|---|
| Keywords: | microlearning; tiktok; vocabulary acquisition |
| Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200302 English Language 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200303 English as a Second Language |
| Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of English Language Education |
| Depositing User: | Rendhi Fatrisna Yuniar |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 09:32 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |

Altmetric
Altmetric