Optimalisasi Penerapan Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Institusi Pendidikan dengan Pendekatan Value Chain Model di Madrasah Aliyah Berstatus Unggulan atau Rintisan Madrasah Bertaraf Internasional di Propinsi Jawa Timur

Slamet, Slamet and Maimun, Agus and Mustofa, Syaiful and Abidin, Zainal (2010) Optimalisasi Penerapan Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Institusi Pendidikan dengan Pendekatan Value Chain Model di Madrasah Aliyah Berstatus Unggulan atau Rintisan Madrasah Bertaraf Internasional di Propinsi Jawa Timur. Research Report. Direktorat Pendidikan Tinggi Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia. (Unpublished)

[img] Text (Fulltext Laporan Penelitian)
Dok.1-Optimalisasi-IT.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (17MB)

Abstract

Perkembangan ICT (information communication and technology) yang ditambah dengan fasilitas internet memungkinkan peningkatan kualitas pelayanan pendidikan di institusi pendidikan jauh lebih baik. Keterlibatan ICT dalam konteks pendidikan memunculkan pelbagai istilah baru, seperti seperti cyber university, cyber campus, village university, virtual university, virtual classroom, digital campus dan lain sebagainya. Keterlibatan ICT dalam pendidikan merupakan salah satu elemen utama dan keperluan mutlak yang harus dimanfaatkan dalam pendukung penyelenggaraan pendidikan, meskipun aktivitas utama pendi-dikan tidak terkait secara langsung dengan ICT itu sendiri.

Dengan berkembangnya ICT yang pesat, berakibat pada perubahan paradigma pada sistem pendidikan dalam menjawab kebutuhan dan tantangan global. Minimal dua aspek dalam sistem pendidikan yang harus berubah sesuai dengan paradigma baru tersebut, yaitu pertama, dalam hal metode pembelajaran, dahulu bersumber pada guru dan berlangsung satu arah, dengan keterlibatan ICT metode pembelajaran berorientasi pada siswa dan berjalan multi arah. Kedua, dalam hal manajemen institusi pendidikan, dahulu sebuah sekolah hanya bergerak dan beroperasi sendiri (mandiri), maka keterlibatan ICT sekolah dapat membentuk jejaring antar institusi pendidikan untuk dapat saling tukar menukar pengetahuan dan sumber daya.

Tujuan utama dalam penelitian ini sesungguhnya adalah untuk memetakan pemanfaatan ICT dalam institusi pendidikan secara optimal. Untuk mendapatkan gambaran pemetaan pemanfaat TIK yang optimal, perlu dilakukan analisis komponen-komponen sistem yang selanjutnya dapat digunakan untuk mendesain sistem pendidikan berbasis ICT sebagaimana yang disyaratkan oleh sekolah yang berstatus Rintisan. Paradigma penelitian yang digunakan adalah penelitian campuran (mixed method) yaitu penelitian yang berparadigma kualitatif sekaligus kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif analitik.

Hasil penelitian ini di kategorikan menjadi tiga kelompok, pertama, penerapan ICT sudah kearah menjadi sistem manajemen madrasah berbasis digital (smart madrasah), tetapi kurang didukung oleh konsep integrasi sistem. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya perencanaan strategis; kedua, penerapan ICT sudah mempunyai arah menjadikan sistem manajemen madrasah berbasis digital (smart madrasah), tetapi kurang didukung oleh sumber daya pendidikan. Seperti sumber daya keuangan, sumber daya manusia bidang ICT, dan kurangnya pemahaman dan pengetahuan tentang konsep penerapan ICT dalam institusi pendidikan; ketiga, penerapan ICT belum terarah dan agar tidak merasa ketinggalan dengan perkembangan teknologi.

Item Type: Research (Research Report)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150307 Innovation and Technology Management
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management
Depositing User: Faizuddin Harliansyah
Date Deposited: 02 Mar 2016 04:07

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item