Rahmawati, Ainia Fikri, Nisa’, Khoirun, Safira, Putri Silviana and Fattah, Abdul
ORCID: https://orcid.org/0000-0003-4144-4487
(2025)
Eksistensi Tradisi Pesantren di Media Sosial: Strategi Konten dan Engagement Publik di Instagram dan Tiktok An-Nur II Malang.
Research Report.
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Indonesia.
(Unpublished)
|
Text
Fix_Laporan Rekognisi + ttd.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menjelaskan eksistensi tradisi pesantren yang direpresentasikan melalui konten media sosial, strategi peningkatan engagement publik, serta bentuk dan tingkat keterlibatan audiens terhadap konten tradisi pesantren pada platform Instagram dan TikTok An-Nur II Malang. Penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan dan peluang dalam mempertahankan eksistensi tradisi pesantren melalui media sosial. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi konten, dan studi literatur. Keabsahan data diperiksa melalui teknik triangulasi, member checking, dan referential adequacy check, kemudian dianalisis menggunakan model analisis Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa eksistensi tradisi pesantren pada media sosial An-Nur II Malang direpresentasikan melalui konten yang menggambarkan tradisi keilmuan, ubudiyah, sosial-kemasyarakatan, serta aspek berpakaian dan perilaku santri, sekaligus menampilkan lima elemen kunci pesantren. Pengelolaan media sosial dilakukan dengan membedakan akun untuk konten formal dan santai. Upaya peningkatan engagement dilakukan melalui tahapan perencanaan, produksi, evaluasi, dan optimalisasi konten, sehingga interaksi publik terbangun melalui respons berupa likes, komentar, share, dan repost. Meskipun terdapat tantangan, seperti menjaga konsistensi produksi di tengah padatnya aktivitas santri, mengimbangi konten dari luar akun resmi, serta menyesuaikan tren digital dengan nilai-nilai pesantren, peluang tetap terbuka melalui pemanfaatan tradisi pesantren sebagai sumber konten otentik, dukungan kelembagaan, potensi platform digital, kapasitas tim multimedia, dan inovasi digital pesantren. Temuan penelitian ini memberikan referensi strategis bagi pesantren lain dalam mengembangkan strategi konten dan engagement yang efektif dengan memanfaatkan potensi internal pesantren. Dengan demikian, pesantren mampu memperkuat citra positif serta membangun komunikasi yang lebih luas dengan masyarakat. Selain itu, penelitian ini turut memperkaya kajian komunikasi digital pesantren dan membuka ruang bagi pengembangan model strategi digital yang relevan, adaptif, dan berkelanjutan.
| Item Type: | Research (Research Report) |
|---|---|
| Keywords: | Tradisi Pesantren; Media Sosial; strategi konten; engagement publik |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) |
| Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education |
| Depositing User: | Abdul Fattah |
| Date Deposited: | 03 Dec 2025 09:45 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |

Altmetric
Altmetric