Responsive Banner

Implementasi Pendidikan Inklusif Berbasis Alam terhadap Perkembangan Sosial-Skills Siswa di MIS Bilingual Al-Ikhlas Kepanjen

Amali, M. Rifqi, Dzikrulloh, Rahmania Ramadhani, Romadhona, Azhara and Sari, Ulfi Andrian ORCID: https://orcid.org/0000-0002-3874-545X (2025) Implementasi Pendidikan Inklusif Berbasis Alam terhadap Perkembangan Sosial-Skills Siswa di MIS Bilingual Al-Ikhlas Kepanjen. Research Report. FITK UIN Malang. (Unpublished)

[img] Text
BISMILLAH QOBUL_FINAL_LAPORAN_REKOGNISI_PENELITIAN_KOLABORATIF_MAHASISWA_DENGAN_PENDAMPINGAN_DOSE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, tantangan, dan dampak pendidikan inklusif berbasis alam terhadap perkembangan keterampilan sosial siswa di MIS Bilingual Al-Ikhlas Kepanjen, Malang. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research), yang memungkinkan peneliti untuk mengamati secara langsung kondisi nyata penerapan pembelajaran inklusif berbasis alam di lingkungan madrasah. Data dikumpulkan melalui
wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, dan Focus Group Discussion (FGD), kemudian dianalisis secara manual melalui tahapan reduksi data, klasifikasi, dan interpretasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam tahap perencanaan, madrasah
menekankan integrasi nilai-nilai keislaman, pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan, serta desain kurikulum adaptif untuk mengakomodasi kebutuhan siswa berkebutuhan khusus. Pada tahap pelaksanaan, kegiatan difokuskan pada aktivitas luar ruangan, proyek
kolaboratif, dan pembelajaran tematik yang menumbuhkan empati, kerja sama, serta komunikasi antara siswa reguler dan siswa berkebutuhan khusus. Tantangan utama yang dihadapi meliputi keterbatasan guru pendamping khusus, fasilitas belajar yang belum
merata, serta keterlibatan orang tua yang masih bervariasi. Meskipun demikian, penelitian ini menemukan adanya dampak positif berupa meningkatnya empati, kemampuan bekerja sama, dan kesadaran sosial siswa. Secara keseluruhan, model pendidikan inklusif berbasis
alam di MIS Bilingual Al-Ikhlas Kepanjen terbukti efektif dalam menciptakan lingkungan belajar yang humanis, inklusif, dan berwawasan ekologis, serta mendukung pengembangan
keterampilan sosial siswa melalui pengalaman belajar yang bermakna di alam.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: pendidikan inklusif, berbasis alam, keterampilan sosial, siswa berkebutuhan khusus
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education
Depositing User: Ulfi Andrian Sari
Date Deposited: 08 Dec 2025 15:51

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item