Responsive Banner

Implementasi Pendidikan Inklusif Berbasis Alam Terhadap Perkembangan Sosial Skills Siswa di MIS Bilingual Al-Ikhlas Kepanjen (sertifikat hak cipta)

Laporan Penelitian (2025) Implementasi Pendidikan Inklusif Berbasis Alam Terhadap Perkembangan Sosial Skills Siswa di MIS Bilingual Al-Ikhlas Kepanjen (sertifikat hak cipta). EC002025176006.

[img] Text
Sertifikat HKI Rekognisi 2025_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)

Abstract

Pembelajaran inklusif berbasis alam merupakan inovasi strategis untuk mewujudkan pendidikan yang berkeadilan. Model ini menekankan prinsip kesetaraan dan keberagaman sebagaimana ditegaskan UNESCO (2017), bahwa setiap anak berhak memperoleh akses belajar tanpa diskriminasi. Melalui pemanfaatan lingkungan alam, guru menciptakan pengalaman belajar yang kontekstual dan adaptif terhadap kebutuhan peserta didik. Guru berperan sebagai fasilitator yang menghubungkan siswa dengan alam dan nilai-nilai sosial di sekitarnya. Pendekatan ini tidak hanya mengembangkan aspek kognitif, tetapi juga afektif dan psikomotorik melalui pengalaman langsung sesuai teori konstruktivistik Piaget dan pandangan John Dewey tentang learning by doing. Meski menghadapi tantangan dalam kesiapan guru, dukungan kelembagaan, dan keterbatasan fasilitas, pembelajaran berbasis alam tetap menawarkan paradigma pendidikan yang holistik, humanistik, dan transformatif sebagai wujud praksis keadilan sosial dalam pendidikan.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: pendidikan inklusif, berbasis alam, keterampilan sosial, siswa berkebutuhan khusus
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education
Depositing User: Ulfi Andrian Sari
Date Deposited: 04 Dec 2025 20:35

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item