Hidayat, Hakmi
ORCID: https://orcid.org/0009-0008-2765-4297
(2025)
Strategi Pembelajaran Mendalam untuk Pendidikan Agama Islam.
In:
STRATEGI PEMBELAJARAN MENDALAM UNTUK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.
PT SRIKANDI BOOKS PRESS, Jorong Pilubang, Desa/Keluarahan Biaro Gadang, Kecamatan Ampek Angkek, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat, pp. 135-167.
ISBN 978-634-04-5060-6
UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.
|
Text
Book chapter 2025-repo_compressed-.pdf Restricted to Repository staff only Download (694kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini mengkaji penerapan strategi pembelajaran mendalam dalam konteks pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai upaya meningkatkan kualitas pemahaman dan internalisasi nilai-nilai Islami pada peserta didik. Strategi pembelajaran mendalam menekankan pada proses berpikir kritis, reflektif, dan analitis dalam memahami konsep-konsep agama, bukan sekadar menghafal dalil atau materi ajar. Melalui pendekatan ini, siswa diajak untuk mengaitkan ajaran Islam dengan realitas kehidupan,menumbuhkan kesadaran spiritual, serta membentuk karakter yang berlandaskan nilai-nilai iman dan takwa. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka dan observasi terhadap praktik pembelajaran di sekolah dan madrasah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran mendalam, seperti diskusi reflektif, studi kasus keagamaan, dan proyek berbasis nilai, dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi serta memperkuat sikap religius peserta didik. Selain itu, guru berperan penting sebagai fasilitator yang mendorong eksplorasi makna, dialog terbuka, dan pembelajaran kontekstual. Kesimpulannya, strategi pembelajaran mendalam menjadi alternatif inovatif untuk mewujudkan pendidikan Agama Islam yang holistik, humanis, dan transformatif, sehingga relevan dengan tantangan zaman modern yang menuntut integrasi antara ilmu, iman, dan amal.
| Item Type: | Book Section |
|---|---|
| Keywords: | strategi pembelajaran, PAI |
| Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies |
| Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education |
| Depositing User: | Hakmi Hidayat |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 21:44 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |

Altmetric
Altmetric