Mubarok, Muhammad Arkham Januar and Sari, Ulfi Andrian
ORCID: https://orcid.org/0000-0002-3874-545X
(2025)
Pengaruh gaya hidup dan store atmosphere terhadap pengambilan keputusan mahasiswa memilih coffee shop.
Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 4 (1).
pp. 112-127.
ISSN 2828-4763
|
Text
12181-Article Text-40438-1-10-20250630.pdf Download (512kB) |
Abstract
Beragamnya konsep store atmosphere pada coffee shop memberikan perilaku gaya hidup baru dikalangan para remaja yang mencari dan memilih coffee shop dengan interior bangunan yang bagus, unik dan aestetik sebagai tempat untuk berfoto. Mahasiswa menganggap bahwa coffee shop bukan sekedar tempat untuk merasakan minuman berbahan dasar kopi, melainkan juga menjadi destinasi untuk relaksasi, berinteraksi sosial, berkumpul, berdiskusi, mengerjakan tugas dan belajar. Tentu saja dari opini tersebut dapat memunculkan gaya hidup mahasiswa yang gemar nongkrong di coffee shop. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh 1) Gaya Hidup terhadap pengambilan keputusan pembelian mahasiswa dalam memilih coffee shop. 2) Store atmosphere atau suasana toko terhadap pengambilan keputusan pembelian mahasiswa dalam memilih coffee shop. 3) Gaya hidup dan store atmosphere terhadap pengambilan keputusan pembelian mahasiswa dalam memilih coffee shop. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner atau angket gform yang dibagikan secara online melalui aplikasi whatsApp kepada mahasiswa di kota Malang. Dalam penelitian ini, sampel minimum yang diambil berjumlah 162 mahasiswa dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan pembelian mahasiswa dalam memilih coffee shop dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,332. 2) Store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan pembelian mahasiswa dalam memilih coffee shop dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,197. 3) Gaya hidup dan store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan pembelian mahasiswa dalam memilih coffee shop dengan nilai koefisiensi determinasi sebesar 0,542. Hal ini berarti bahwa variabel independen yakni gaya hidup (X1) dan store atmosphere (X2) mampu menjelaskan sebesar 54,2% variabel dependen yakni, pengambilan keputusan pembelian (Y). Sedangkan sisanya 45,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak disertakan dalam model penelitian ini. Penelitian ini ditemukan bahwa variabel gaya hidup memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan dengan variabel store atmosphere terhadap pengambilan keputusan pembelian mahasiswa dalam memilih coffee shop.
| Item Type: | Journal Article |
|---|---|
| Keywords: | Gaya Hidup; Store Atmosphere; Pengambilan Keputusan Pembelian |
| Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified |
| Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education |
| Depositing User: | Ulfi Andrian Sari |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 08:42 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |

Altmetric
Altmetric