Nuqul, Fathul Lubabin
ORCID: https://orcid.org/0000-0002-3789-9940, Amalia, Sari Rahmatika
ORCID: https://orcid.org/0000-0002-4247-7283, Aghniacakti, Ainindita and Halida, Hilda
ORCID: https://orcid.org/0000-0003-0859-9321
Pengaruh pelatihan appreciative inquiry untuk menurunkan kecemasan karir dan meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan karir pada siswa Madrasah Aliyah.
Research Report.
LP2M Uin Malang.
(Unpublished)
|
Text
Laporan akhir fix_merged.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini berakar dari fenomena meningkatnya kebingungan arah karir dan tingginya tekanan yang dialami remaja Indonesia. Dibutuhkan upaya intervensi yang baik untuk mengatasinya. pelatihan Appreciative Inquiry AI menjadi relevan untuk diuji sebagai intervensi yang berpotensi mengatasi kecemasan karir siswa. Penelitian ini dilakukan dengan desain eksperimen murni pretest–posttest control group, melibatkan 95 siswa kelas XI MAN 2 Malang yang menunjukkan kecemasan karir sedang hingga tinggi dan kemudian dialokasikan secara acak ke dalam kelompok eksperimen (n = 48) serta kelompok kontrol (n = 47). Tingkat kecemasan karir diukur menggunakan Skala Kecemasan Karir (Tsai et al., 2017), sedangkan analisis dilakukan dengan paired sample t-test dan independent sample t-test. Hasil Penelitian kali ini menunjukkan bahwa Pelatihan AI mampu menurunkan kecemasan karir siswa. Hasil penelitian ini mempertegas bahwa pelatihan Appreciative Inquiry dapat menjadi perangkat intervensi yang efektif bagi konselor dalam membantu siswa menghadapi ketidakpastian sekaligus membangun keyakinan diri dalam proses perencanaan karir
| Item Type: | Research (Research Report) |
|---|---|
| Keywords: | Appreciative Inquiry, Kecemasan Karir, Siswa, Madrasah Aliyah |
| Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
| Divisions: | Faculty of Psychology |
| Depositing User: | Hilda Halida |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 09:28 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |

Altmetric
Altmetric