Responsive Banner

Pengaruh pelatihan appreciative inquiry untuk menurunkan kecemasan karir dan meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan karir pada siswa Madrasah Aliyah

Nuqul, Fathul Lubabin ORCID: https://orcid.org/0000-0002-3789-9940, Amalia, Sari Rahmatika ORCID: https://orcid.org/0000-0002-4247-7283, Aghniacakti, Ainindita and Halida, Hilda ORCID: https://orcid.org/0000-0003-0859-9321 Pengaruh pelatihan appreciative inquiry untuk menurunkan kecemasan karir dan meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan karir pada siswa Madrasah Aliyah. Research Report. LP2M Uin Malang. (Unpublished)

[img] Text
Laporan akhir fix_merged.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berakar dari fenomena meningkatnya kebingungan arah karir dan tingginya tekanan yang dialami remaja Indonesia. Dibutuhkan upaya intervensi yang baik untuk mengatasinya. pelatihan Appreciative Inquiry AI menjadi relevan untuk diuji sebagai intervensi yang berpotensi mengatasi kecemasan karir siswa. Penelitian ini dilakukan dengan desain eksperimen murni pretest–posttest control group, melibatkan 95 siswa kelas XI MAN 2 Malang yang menunjukkan kecemasan karir sedang hingga tinggi dan kemudian dialokasikan secara acak ke dalam kelompok eksperimen (n = 48) serta kelompok kontrol (n = 47). Tingkat kecemasan karir diukur menggunakan Skala Kecemasan Karir (Tsai et al., 2017), sedangkan analisis dilakukan dengan paired sample t-test dan independent sample t-test. Hasil Penelitian kali ini menunjukkan bahwa Pelatihan AI mampu menurunkan kecemasan karir siswa. Hasil penelitian ini mempertegas bahwa pelatihan Appreciative Inquiry dapat menjadi perangkat intervensi yang efektif bagi konselor dalam membantu siswa menghadapi ketidakpastian sekaligus membangun keyakinan diri dalam proses perencanaan karir

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Appreciative Inquiry, Kecemasan Karir, Siswa, Madrasah Aliyah
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Faculty of Psychology
Depositing User: Hilda Halida
Date Deposited: 05 Dec 2025 09:28

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item